Langsung ke konten utama

Pengalaman Beli Laptop Murah Core i3 di ELS Computer Jogja

Sepertinya sudah menjadi naluri setiap orang untuk selalu mencari barang bagus dengan harga yang murah. Sama seperti teman saya yang beli laptop b pada pertengahan bulan mei yang lalu. Awalnya dia datang ke saya dengan pertanyaan umum yang sering dilontarkan orang-orang yang mau beli laptop (khusunya orang yg baru pertama kali beli laptop).


“Fer, laptop murah yang bagus apa, ya?” tanya teman saya. “Murah dan bagus itu relatif. Tergantung kebutuhan dan budget” jawab saya singkat. “Emank budget kamu berapa?” tanya saya balik.

“Nggak besar sih… cuma 4 juta” jawab dia. “Saya pengen laptop yang support program desain grafis seperti PhotoShop dan CorelDraw. Kalau bisa, juga support untuk game PES 2013. Kira-kira dengan budget 4 jutaan bisa dapat nggak, ya?” tanya dia lagi.

“Kalau untuk PhotoShop dan CorelDraw sih bisa banget! Tapi kalau untuk PES 2013, butuh spek laptop yang cukup tinggi. Mininal prosesor Core 2 Duo 2.6 Ghz, RAM 2GB, Grafik 512MB. Harga laptop dengan spek tersebut setahu saya rata-rata di atas 4 jutaan” Jawab saya.

“Ya sudah, yang penting bisa untuk Coreldraw sama PhotoShop” jawab teman saya dengan pasrah.
Karena waktu itu kebetulan saya sedang online, tanpa pake googling lagi, saya langsung membuka situs toko komputer yang sangat terkenal di Jogja yaitu http://els.co.id (EL’S Computer).

Sebagai informasi,  di Jogjakarta, el's terkenal sebagai toko komputer terlengkap dan termurah. Setiap ada pameran komputer di jogja, els tidak pernah absen. Dan booth-nya pasti selalu rame. Saya tahu karena saya juga tidak pernah absen ke pameran komputer. Walaupun nggak selalu beli. Hehe...

Oke, lanjut ke pencarian laptop murah…

Setelah melihat dan membanding-bandingkan spesifikasi serta harga berbagai seri/tipe  dan merek laptop yang ada di situs EL’S, akhirnya pilihan pun jatuh pada Acer Aspire E1-431.

Laptop Murah Acer Aspire E1-431
Sumber: els.co.id (Screenshoot, 5 September 2013) 

Setelah menkonfirmasi ketersediaan laptop melalui fasilitas chat yang tersedia pada situs els, tanpa nunggu lama-lama lagi, kami langsung meluncur ke toko EL’S Computer yang ada di Jl. C. Simanjuntak No.38 Yogyakarta (Dekat Mirota Kampus UGM). Sebenarnya bisa juga sih beli secara online, tapi karena jarak-nya juga tidak terlalu jauh dari kos saya (sekitar 6,5 km), jadi kami pilih langsung ke toko-nya aja, biar lebih cepat.

Sampai di TKP, saya sedikit kaget, karena bangunan toko els sudah banyak berubah. Benar-benar beda dengan apa yang saya lihat saat terakhir kali ke toko Els. Sepertinya baru habis direnovasi. Sekarang jauh lebih luas dengan desain eksterior dan interior yang lebih fresh dan menarik. Pokoknya jauh lebih keren lah dari yang sebelumnya.

ELS Computer JOGJA
Tampak luar wajah baru el's computer jogja
(Sumber gambar: Fanpage facebook els computer)
interior els computer jogjakarta
Suasana wajah baru interior els computer jogja
(Sumber gambar: Fanpage facebook els computer)

Saat masuk, kami langsung disambut oleh salah satu karyawan ELS, “Selamat siang, mas. Ada yang bisa kami bantu?” tanya karyawan itu dengan ramah. “Mau beli laptop, mas. Tadi sebelum kesini sudah lihat-lihat dulu di situs El’s. Saya tertarik dengan Acer Aspire E1-431. Barangnya ada khan?”

Mas-nya langsung mengantar kami ke bagian display laptop acer dan menunjuk ke arah laptop acer yang kami maksud. Setelah melihat langsung wujud Acer Aspire E1-431, teman saya terlihat masih bingung sambil melirik ke laptop lain yang ada disitu. Hal ini ternyata juga disadari oleh karyawan els yang sejak tadi menemani kami, sehingga dia tiba-tiba berkata “Kita juga ada harga promo laptop lenovo loh mas. Prosesornya sudah core i3”.

“Harganya berapa, mas?” tanya saya. “Harga-nya 3,899 juta rupiah. Kalau harga normalnya di atas 4 juta” jawab mas-nya sambil menunjuk seri laptop yang dimaksud pada selembar kertas yang berisi daftar harga laptop sambil memperlihatkan-nya pada kami. Tipe laptop yang maksud adalah Lenovo G480-1457.

“Koq di situs Els, gak ada, ya?” tanya saya lagi. “Barang-nya memang baru datang, mas. Jadi belum sempat dimasukin ke website” jawab masnya. "Oh...." kata saya dalam hati.

Setelah memperhatikan dengan teliti spesifikasi-nya lalu berdiskusi sebentar dengan teman saya. Tanpa pake lama-lama lagi saya langsung bilang ke karyawan els-nya, “Ya udah, mas. Kami ambil lenovo G480-1457”. Mas-nya langsung mengantar kami ke kasir untuk melakukan proses pembayaran.

Setelah selesai melakukan proses pembayaran, akhirnya kami pulang dengan perasaan senang karena berhasil membawa pulang laptop murah ber-prosesor Core i3. Teman saya senang banget karena  Lenovo G480-1457 sudah bisa memainkan PES 2013, walaupun dengan kualitas grafik medium karena grafik-nya belum memenuhi standard minimum untuk bisa menjalankan PES 2013 dengan maksimal.

Laptop Murah Lenovo G480-1457
Ini dia laptop teman saya (Lenovo G480-1457) yang kami beli
di els computer jogja
Bukti Pembelian Laptop Murah Lenovo G480-1457
Biar gak dikira bohong, ini bukti pembelian-nya
 (kartu garansi, formulir pendaftaran els total care, nota pembelian)

Bukti pembelian 
Kartu garansi laptop lenovo

Formulir Pendaftaran laptop untuk layanan ELS Total Care Jogja

Nota Penjualan Laptop Levovo G480-1457 ELS Computer Jogja


Saat membuat artikel/postingan ini, saya tidak melihat lagi Lenovo G480-1457 di situs els. Yang ada adalah Lenovo B490-5656 dengan spek sedikit lebih tinggi. Untuk main PES 2013 dengan kualitas maksimal sudah sangat bisa, karena seri ini sudah menggunakan grafik NVIDIA GEFORCE GT 610 1GB. Tapi harganya juga sedikit lebih mahal, sekitar 4,5 juta.

Kalau mau yang seperti laptop teman saya itu (Lenovo G480-1457), coba aja tanyakan  langsung ke CS-nya ELS. Siapa tahu masih ada. Info kontaknya lihat sendiri aja di situs ELS Computer.

Sebagai informasi tambahan,  laptop atau notebook yang dibeli di EL’S Computer, selain mendapat garansi resmi dari vendor laptop, els juga memberikan tiga perlindungan tambahan melalui layanan yang diberi nama EL’S Total Care. Bentuk perlindungan tersebut, yaitu:

  • Bebas ganti laptop yang berlaku sejak 3 hari pembelian. Jadi kalau kalau dalam 3 hari kamu kurang suka atau cocok dengan laptop yang sudah kamu beli, kamu bisa ganti dengan laptop baru yang lain. Syaratnya laptop pengganti tersebut harus lebih mahal dari laptop sebelumnya.
  • Jika dalam 7 hari sejak pembelian terjadi kerusakan, maka laptop akan langsung diganti dengan yang baru. Syaratnya kerusakan itu sesuai dengan prosedur garansi. Jadi layanan ini tidak akan berlaku kalau kerusakannya itu diakibatkan oleh kesalahan si pengguna.
  • Tukar tambah dan jual kembali. Berlaku sampai 250 hari sejak pembelian. Besarnya harga tukar tambah dan jual kembali di atur sesuai waktu pemakaian.

Layanan EL'S Total Care - Perlindungan Laptop dari ELS Jogjakarta
Layanan perlindungan laptop/notebook EL'S Total Care

Info lengkapnya nanti bisa dilihat pada formulir pendaftaran produk EL’S Total Care yang akan diberikan saat pembelian. Formulirnya seperti pada gambar di atas. Form pengisian datanya ada dibagian belakang.

Itu lah pengalaman saya yang berhasil beli laptop murah di toko komputer EL'S Jogjakarta. Apakah Anda juga punya pengalaman berburu laptop murah yang berkesan? Let me know.  :-)


UPDATE (16 Oktober 2013)

Di Yogyakarta, Els Computer bukan satu-satunya toko komputer yang recommended untuk beli laptop murah. Saya juga pernah punya pengalaman beli laptop di ASC Komputer (komputermurahjogja.com) dan Aizza Computer (www.aizzanotebook.com) yang harganya lebih murah dari Els Computer. Waktu itu selisih harganya sekitar 40 ribu. Lumayan khan? Buat anak kos, bisa makan dua sampai tiga hari tuh. Hehe...

Ada juga Computa (computa.co.id), namanya cukup terkenal di Jogja,  tapi saya belum pernah punya pengalaman beli komputer di Computa.

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.