Smartphone Terbaru LG G2 Tampil Beda dgn Tombol Di Belakang

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan LG terhadap perilaku dan gaya hidup pengguna smartphone selama ini, LG menyimpulkan bahwa pengguna smartphone saat ini tidak lagi terlalu berfokus pada spesifikasi atau performa hardware tapi lebih pada pengalaman apa yang bisa didapat dari menggunakan sebuah smartphone.


Hasil dari pengamatan tersebut bisa dilihat pada LG G2, smartphone premium terbaru LG yang akan dilaunch di Indonesia pada bulan September 2013. Sejak beberapa hari yang lalu sejumlah toko gadget (online maupun offline) sudah membuka pre-order. Termasuk di salah satu situs milik LG sendiri yaitu www.tomeyouareperfect.com

Dari sisi desain LG G2 boleh dibilang smartphone yang berani tampil beda. Tidak lagi mengikuti struktur smartphone yang umum digunakan saat ini (tombol kontrol di samping).

Smartphone Android LG G2


LG G2 merupakan smartphone pertama di dunia yang tidak menggunakan tombol-tombol di samping. Tombol-tombol seperti pengatur volume dan kamera yang umumnya berada di samping, pada LG G2 tombol-tombol tersebut dipindahkan ke bagian belakang.

Penempatan tombol-tombol dibagian belakang ini merupakan salah satu wujud peng-aplikasian dari salah satu hasil pengamatan LG yang melihat pengguna smartphone saat ini (khususnya yang berukuran layar 5 inchi ke atas) semakin sulit mengakses tombol-tombol kontrol bila berada di samping. Juga potensi smartphone lepas (jatuh) dari genggaman cukup  besar, karena saat jari tangan berusaha menggapai tombol di samping, kekuatan cengkraman jari-jari tangan akan berkurang.

Berbeda ketika tombol-tombol itu berada dibagian belakang, jari-jari tangan bisa tetap kokoh memegang/menggeggam smartphone, sementara jari telunjuk bisa dengan bebas dan mudah mengakses serta memencet tombol-tombol.



Karena belum pernah punya smartphone layar di atas 5 inch, jadi saya  coba praktekkan pada sebuah kardus bekas modem yang ukuran-nya kira-kira sama dengan ukuran smartphone berlayar lebar di atas 5 inchi. Dan ternyata memang ada benar juga, saya merasakan jari telunjuk saya lebih  bebas dan mudah bergerak (moveman) dibagian belakang tanpa mengurangi kekokohan cenkraman jari-jari tangan pada smartphone.

Nah, itu adalah pengalaman baru yang diberikan LG G2 dari segi fisik. Bagaimana dengan Fitur?

Berikut beberapa fitur unggulan LG G2

Answer Me – Dengan fitur ini, LG G2 otomatis hidup dan menjawab panggilan yang masuk saat di dekatkan ke telinga. Pengguna juga tidak perlu khawatir dengan suara keras dari nada dering, karena saat LG G2 didekatkan ke telinga, secara otomatis volume nada dering akan diturunkan/dikecilkan.

KnockON – Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengaktifkan dan menonaktifkan layar LG G2. Cukup hanya dengan dua ketukan jari pada layar. Ini juga salah satu fitur special LG G2 yang tidak dimliki smartphone lain.

Fitur KnockOn LG G2


Guest Mode – Fitur ini merupakan salah satu fitur special LG G2, karena belum ada smartphone lain yang punya. Sangat bagus untuk menjaga privasi, saat LG G2 kita digunakan orang lain. Kita bisa mengatur apa saja yang bisa dan tidak bisa diakses oleh orang lain di guest mode.

Fitur Guest Mode LG G2


Slide Aside – Berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya (multitasking) bisa dilakukan dengan mudah melalui fitur ini. Cukup dengan melakukan gerakan menggeser pada layar menggunakan sentuhan tiga jari secara bersamaan. Fitur ini otomatis menyimpan 3 aplikasi yang paling sering dipakai si pengguna.

Fitur Slide Aside LG G2


Quick Memo – Menulis, menggambar atau menyelipkan catatan langsung pada tampilan layar LG G2, bisa dilakukan berkat fitur ini. Dilengkapi dengan pilihan untuk membagikan hasil coret-coretan tersebut ke orang lain melalui lampiran pesan atau url. Sebenarnya fitur ini tidak special karena smartphone yang lain juga punya. Yang bikin istimewa menurut saya adalah akses cepat ke fitur ini melalui tombol belakang, dengan cara menekan agak lama tombol volume bagian atas.

Fitur Quick Memo LG G2


Perilaku dan gaya hidup pengguna smartphone yang tidak lepas dari aksi jeprat-jepret (foto-foto) dan recording, dijawab LG G2 dengan kamera 13 Megapixel menggunakan teknologi OIS (optical image stabilizer) yang mampu mengurangi gambar blur atau buram saat pengambilan gambar dalam posisi sedang bergerak. Teknologi OIS juga digunakan pada kamera DSLR. Special-nya, LG G2 merupakan smartphone pertama yg menggunakannya.

Ternologi OIS Camera LG G2

Fitur kamera LG G2 yang tak kalah menarik adalah Audio Zoom. Dengan fitur unik ini, pengguna bisa memfokuskan pengambilan suara pada satu objek saat merekam video. Contohnya ketika kita sedang merekam kelompok paduan suara kita bisa memfokuskan perekaman suara pada satu orang saja, dan mengabaikan suara yang lain. Jadi saat hasil rekaman diputar kembali, kita akan mendengar suara orang yg difokuskan tadi akan terdengar lebh jelas. Sekali lagi baru LG G2 yg punya fitur canggih ini.

Fitur Audio Zoom Kamera LG G2


Kualitas foto hasil jepretan tentu saja tidak perlu diragukan. Phonearena.com telah melakukan perbandingan hasil jepretan kamera LG G2 dengan kamera smartphone premium lainnya seperti iPhone 5, Samsung Galaxy 4, dan HTC One. Dan hasilnya, phonearena menobatkan LG G2 sebagai pemenang. Silahkan lihat sendiri hasil komparasinya di sini.

TIdak ketnggalan dari sisi audio, LG G2 juga menjawab keinginan pengguna smartphone yang menginginkan kualitas audio yang lebih dari yang sudah ada saat ini, dengan kualitas audio Hi-Fi 24 bit/192kHz, sehingga pengguna bisa memutar file musik kualitas tinggi.

Walaupun berdasarkan hasil pengamatan LG yang mengatakan pengguna smartphone saat ini sudah terlalu fokus pada spesfikasi hardware, tapi kalau saya lihat spesifikasi hardware LG G2, tidak bisa dbilang biasa saja. Malah menurut saya termasuk sangat tinggi.

Presesor Quad Core 2.26 GHz Qualcomm®Snapdragon™ 800, RAM 2GB (LPDDR3 800MHz), layar 5.2 Inchi Full HD IPS Technology (1080 x 1920 pixels / 423 ppi). Ditambah lagi layar LG G2 menggunakan teknologi Graphic RAM (GRAM) yang mampu meningkatkan kinerja layar.

Dengan baterai 3000 mAh, LG G2 termasuk smartphone dengan baterai terkuat saat ini. Saya rasa untuk pemakaian normal dalam sehari, baterai-nya tidak akan habis. Apalagi dengan Teknologi Grafik RAM, tidak hanya membuat kinerja layar lebih baik tapi juga membuat komsumsi daya layar jadi lebih hemat.

Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki smartphone terbaru LG G2 yang berhasil saya ketahui dari hasil kunjungan ke mylgmobile.com, lgindonesiablog.com, lg.com, dan phonearena.com

Melihat desain, spesifikasi dan fitur-fitur keren-nya, saya mau bilang "LG G2, tomeyouareperfect.com"  :-)

UPDATE (20 September 2013)

Kamis 19 September 2013, saya berkesempatan mengikuti acara "BLogger Gathering LG G2" sekaligus peluncuran LG G2 di The Ritz Carlton mega kuningan, Jakarta. Di acara tersebut saya berkesempatan menjajal langsung kemampuan LG G2.

Cerita lengkapnya akan saya tulis pada postingan berikutnya. :-)

LG G2, To me you are perfect


For you information...

Buat Anda yang ingin dapat LG G2 gratis,  ikutan aja kontes kreasi poster bertema "To me, you are perfect". Caranya sangat mudah, hanya upload photo dan buat kata-kata semenarik mungkin untuk orang yang paling kamu sayang di www.tomeyouareperfect.com (kontes berakhir 26 September 2013)



KOMENTAR