KBJ vs “GOLIATH Burger” Grand Aston Yogyakarta

Minggu (6 Oktober 2013) siang, bertempat di Hotel Grand Aston Yogyakarta, Komunitas Blogger Jogja (KBJ) mengadakan kopi darat (kopdar). Ini merupakan kopdar pertama KBJ di hotel berbintang lima. Tempatnya nyaman banget! Ya iyalah… hotel bintang 5 gitu, loh! Hehe… gaya banget ya? :D


Kopdar Komunitas Blogger Jogja (KBJ) di Hotel Grand Aston Yogyakarta
Kopdar Komunitas Blogger Jogja (KBJ) di Hotel Grand Aston Yogyakarta

Selain disediain tempat yang nyaman untuk kopdar, Grand Aston juga menangtang KBJ melalui lomba makan untuk melawan salah satu menu andalan mereka yaitu Goliath Burger. Dari namanya saja kalian pasti sudah bisa membayangkan seperti apa burger-nya, bukan? Yup, burger-nya itu ber-ukuran JUMBO dengan diameter sekitar 30cm. Perkiraan saya ini porsi untuk 4 sampai 5 orang.

Goliath Burger - Hotel Grand Aston Yogyakarta
Goliath Burger - Grand Aston Yogyakarta

Tantangan ini ibarat pertarungan Daud vs Goliath. Yang beragama Islam dan Kristen pasti tahu khan kisah tentang Daud dan Goliath? Kalau sampai nggak tahu, sungguh terrr… laaa… luuu…!!!!  :-)

Karena yang diminta hanya 5 orang, maka diadakanlah pemilihan 5 orang melalui pendaftaran tercepat via twitter. Dan akhirnya terpililah lima orang gladiator yang akan mewakili KBJ menghadapi Goliath Burger Grand Aston. Mereka adalah: Arief Ramadhan, Muhammad Sasli, Akh Nurhadi, Wahan Fathur Rahman, dan Dany Suktiawan.

KBJ vs Goliath Burger Grand Aston Yogyakarta
Inilah kelima Gladiator KBJ yg sedang berhadapan dengan Goliath Burger

Pertarungan pun dimulai…

Seperti pada umumnya lomba-lomba makan, pemenang ditentukan dari yang paling cepat atau yang paling banyak makannya. Peserta dikasih waktu 15 menit untuk menghabiskan Goliath Burger yang berlapis daging, telor mata sapi, kentang goreng serta irisan tomat dan nenas. Kebayang khan gimana maknyusnya. :D

Sayang, KBJ harus mengaku kalah karena nggak ada satupun wakil KBJ yang sanggup menaklukkan si Goliath Burger itu. Padahal dikisah Daud vs Goaliath, Daud lah yang justru menang. Mas Wahan yang dilihat dari body (sory bro... main fisik. :D) sangat diunggulkan bisa mengalahkan Burger Goliath dengan mudah, ternyata juga nggak sanggup menghabiskan si Goliath Burger. Sedangkan mas Akh Nurhadi angkat tangan (menyerah) sebelum waktu selesai.

Sebelum lomba makan Burger, kita memang makan siang dulu. Jadi peserta memang udah kenyang duluan. Hmm.. jangan-jangan itu memang strategi Grand Aston untuk mengalahkan KBJ. Wah, curang itu namanya. Harus ada pertandingan ulang tuh… *modus biar diundang lagi*  :D

Silahkan lihat video hasil dokumentasi mba Ratnawati Utami di bawah ini, bagaimana sengitnya pertarungan KBJ vs Goliath Burger.  :)


Tapi walaupun KBJ kalah, pihak Grand Aston tetap berbaik hati memberikan hadiah travel bag kepada keempat gladiator (petarung) KBJ. Mas Akh Nurhadi yang menyerah di tengah jalan tidak dapat hadiah karena keburu pulang duluan ngantar dua buah hatinya yang rewel. :)

Keempat Gladiator KBJ foto bareng wakil Grand Aston Yogyakarta
(Kiri ke kanan: Mas Endy, Wahan, Dany, Mba Nike, Bu Erly, Arief, Sasli)

Eh, kalian juga bisa loh.. bikin sendiri burger seperti ini. Cara buatnya mudah banget koq. Ini resepnya langsung dari Grand Aston.

Cara Membuat Goliat Burger :

  • Panaskan minyak dalam teflon, masukan daging cincang yang sudah di cetak ke dalam teflon. Bila sudah matang disisihkan.
  • Belah burger bun menjadi dua bagian. Oleskan margarine/butter pada kedua sisi dalamnya lalu masukkan dalam oven kurang lebih 3 menit dengan suhu 160 derajat.
  • Keluarkan burger bun dari oven kemudian oleskan saos tomat pada kedua sisi dalam.
  • Susun selada di atasnya burger bun sisip di bawah lalu diberi 1 irisaan tomat, daging yang sudah matang, kemudian siram dengan saos diatas daging setelah itu beri telur mata sapi dan juga nanas diatasnya.
  • Goreng french fries, setelah matang ditiriskan dan disusun diatas telur, kemudian tutup dengan burger bun yang sisi atas.
  • Goliath burger siap dihidangkan.

Gimana, mudah khan cara bikinnya?  Monggoo… dicobaa… :)

Tapi kalau nggak mau repot-repot bikin sendiri, ya ke Hotel Grand Aston, aja. Tapi jangan coba-coba makan sendiri loh yaa…. udah terbukti nggak ada yang sanggup. :D  Paling pas itu kalau makan rame-rame sekitar 4 sampai 5 orang. Tapi kalau mau coba ngabisin sendiri juga nggak dilarang sih… siapa tahu kamu bisa masuk MURI (museum rekor Indonesia) sebagai orang pertama yang sanggup mengalahkan Goliath Burger. Hehe…



KOMENTAR