Langsung ke konten utama

Cara Ganti Kartu SIM Card Yang Rusak/Hilang Tanpa Mengganti Nomor

Kemarin (30 Desember) sore, saya bersama teman datang ke GraPARI Telkomsel cabang Jogjakarta yang beralamat di Jl. Jenderal Sudirman No.65. Kebetulan tujuan kami sama, yaitu sama-sama ingin mengganti kartu SIM (SIM Card) kami yang sudah rusak termakan oleh usia. Bedanya saya pake kartu Simpati, sementara teman sy pake kartu As.

Tanda-tanda kerusakannya pun sama, yaitu kartu sering tidak terdeteksi lagi oleh ponsel. Pesan yang muncul di layar hp adalah “Please Insert Your Card”. Awalnya saya pikir hp saya yang rusak. Tapi setelah saya coba pake kartu lain, ternyata tidak ada masalah. Akhirnya saya mengambil kesimpulan kalau kartunya yang rusak.

Cara ganti Kartu SIM Card
Beragam SIM CARD Operator Seluler

SIM Card SimpaPATI saya ini memang sudah sangat usang. Umurnya kurang lebih 7 tahun. Sejak saya pake, belum pernah ganti. Padahal menurut keterangan dari customer service (CS) telkomsel yang melayani saya di GraPARI, penggantian kartu SIM (walaupun belum rusak) sudah boleh dilakukan jika telah berumur 3 – 4 tahun.

Sebenarnya kalau mau praktisnya, tinggal beli aja kartu perdana baru. Tapi itu khan otomatis juga ganti nomor baru. Buat saya ganti nomor hp itu akan sangat merepotkan karena harus menghubungi satu persatu teman, keluarga, klien, dan info kontak lainnya untuk memberitahukan nomor terbaru kita. Karena itu saya lebih memilih datang ke GraPARI Telkomsel untuk mengganti kartu SIM Card saya yang sudah rusak dengan kartu SIM yang baru, tanpa mengganti nomor.

Bagaimana cara mengganti kartu SIM Card yang rusak atau hilang dengan nomor yang sama (tanpa ganti nomor) ???


Ternyata ganti SIM Card itu tidak lah serumit dan semahal yang saya bayangkan. Sesuai pengalaman saya, kita hanya dimintai kartu identitas yang masih berlaku (bisa KTP, SIM, KTM), mengisi selembar kertas bermaterai (materai 6000 rupiah) yang meminta kita untuk menuliskan nama, nomor ID, lima nomor yang dihubungi dalam tiga bulan terakhir, dan kondisi kartu (rusak atau hilang).

Setelah diisi, kertas tersebut diserahkan kembali CS untuk divalidasi. Kalau informasi yang kita berikan dinyatakan valid, baru deh lanjut ke proses pembuatan SIM Card baru. Siapkan uang sebelas ribu rupiah untuk biaya materai (6000 rupiah) dan harga kartu sebesar 5000 rupiah.

Prosesnya pembuatan SIM Card nya sendiri menurut saya cukup cepat. Perkiraan saya sekitar 10 menit. Yang bisa bikin lama itu cuma antriannya. Beruntung, waktu itu yang ngantri cuma dua orang. Jadi saya nggak harus nunggu lama untuk mendapatkan kartu SIM baru. Kartu baru juga langsung aktif. Nggak pake lama. :-)

Eit, satu lagi. Kalau data info kontak yang tersimpan di dalam memori SIM Card yang lama mau dipindahkan ke SIM Card yang baru, tinggal bilang aja sama CS-nya. Tapi tanpa diminta pun, kayaknya si CS-nya akan selalu tanyain koq.

Nah, itu adalah pengalaman saya mengganti kartu SIM Card SimPATI di GraPARI Telkomsel. Saya kira untuk operator lain seperti XL, Indosat, Tri, Axis, dan lain-lain tidak akan jauh berbeda caranya. Jadi kalau mau ganti SIM Card dengan nomor yang sama dengan nomor kartu SIM yang lama – ntah itu karena rusak atau karena hilang – langsung aja datang ke gerai operator kartu SIM yang Anda pakai.
_______________

Sedikit usulan nih buat para operator seluler. Sebaiknya biaya penggantian SIM Card digratiskan saja lah.... khan hitungannya orang mengganti kartu itu sudah bisa dibilang pelanggan setia. Jadi hitung-hitung biaya gratis itu sebagai tanda terimah kasih kepada pelanggan.

Yang setuju silahkan like postingan ini. :-)

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.