Kopdar KBJ dgn Qwords.com (Web Hosting Top Indonesia), Istimewa!

Akhir tahun 2013, ditutup  Komunitas Blogger Jogja (KBJ) dengan kopdar (kopi darat) yang cukup istimewa, seistimewa kota Jogjakarta. :) Kenapa istimewa? Karena kopdar yang dilaksanakan pada tanggal 26 Desember 2013 bertempat di Angkringan Galau (dekat kampus Ekonomi UII dan Amikom) tersebut bertepatan dengan kedatangan tim Qwords.com Road Show di Jogjakarta.


Dalam kopdar tersebut, selain memberikan pengetahuan tentang domain dan hosting kepada teman-teman blogger Jogja, Qwords.com juga memberikan uang pembinaan KBJ sebesar dua juta rupiah. Selama acara kopdar, Qwords juga banyak bagi-bagi hadiah berupa flashdisk untuk juara lomba tweet terkreatif, uang tunai 100 ribu untuk yang berani standup comedy, voucher diskon hosting, dan berbagai marchendise lainnya.

KBJ terima dana pengembangan dari Qwords.com
Ketua KBJ, Iwan Restiono, secara simbolis menerima dana penembangan
dari Qwords.com yg diwakili oleh mba Abel, marketing Qwords.com

Gimana, istimewa banget, khan? Udah dikasih ilmu gratis, bagi-bagi hadiah, dikasih uang pembinaan, pula. Kalau kata Cerrybelle, ISTIMEWA!  :D

Eits! masih ada lagi loh yang ismewa. Kopdar blogger jogja dengan Qwords yang dihadiri sekitar 60 orang tersebut, dinobatkan sebagai peserta terbanyak dari empat kota lainnya (Bandung, Surabaya, Semarang, Medan). Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi komunitas blogger Jogja, karena menandakan kalau KBJ masih solid dan aktif di tengah banyaknya komunitas blogger di tanah air yang kini sedang mati suri (hiatus).

Sebagai informasi, Jogja adalah kota ke-4 dari lima kota yang dikunjungi tim Qwords.com Road Show 2013. Rangkaian Qwords.com Road Show 2013 dimulai dari Bandung, Surabaya, Semarang, Jogjakarta, dan ber-akhir di kota Medan. Tujuannya tentu saja untuk menjalin silahturahmi dengan komunitas blogger di kota-kota tersebut.

Ups! hampir lupa. Pasti ada betanya-tanya, apa sih Qwords.com, itu? Nama orang, nama perusahaan atau nama makanan? Hehe…

Sebenarnya sudah sempat saya sentil diatas sih… tapi okelah, saya akan sentil lebih dalam lagi.

Jadi… Qwords.com itu adalah sebuah situs penyedia jasa web hosting. Berdiri sejak tahun 2005 dan merupakan salah satu web hosting top Indonesia. Kantor-nya ada di Jakarta dan Bandung (data center-nya ada di Jakarta). Qwords juga telah memiliki kantor cabang di singapura sejak tahun 2012.

Apa itu web hosting?


Singkatnya, web hosting itu adalah server tempat meyimpan data sebuah website/situs di internet sehingga bisa diakses dari manapun di seluruh penjuru dunia.

Sebenarnya saya juga belum terlalu paham tentang seluk-beluk web hosting, makanya waktu mas Berry selaku technical support Qwords.com mulai menyampaikan materi tentang web hosting, saya langsung mengambil posisi paling strategis, agar bisa menyimak dengan baik. :-)

Qwords Road Show di Kota Jogjakarta
Mas Berry (technical support Qwords.com) sedang memberikan materi seputar
web hosting dan layanan+keunggulan Qwords.com

Kodar Blogger Jogja dengan Web Hosting Top Indonesia, Qwords.com
Ada yang serius memperhatikan presentasi mas Berry, ada juga yang sibuk
dengan laptop dan gadget-nya masing-masing. :-)

Kalian juga bisa menyimak materi yang disampaikan mas Berry melalui slide presentasi di bawah ini:


Saat ini blog saya masih menggunakan layanan blogging gratis dari google, yaitu blogspot. Hanya domain-nya saja yang telah di-custome menggunakan domain sendiri.

Namun setelah mendengarkan penjelasan tentang manfaat memiliki web hosting sendiri, saya jadi seperti termotivasi untuk segera memindahkan blog saya ini ke web hosting sendiri. Apalagi akhir-akhir ini google sering banget melakukan rasia terhadap blog-blog yang disinyalir melanggar terms of service (TOS) blogger. Banyak yang sudah jadi korbannya.

Walaupun saya selalu berusaha menaati peraturan blogger, tapi yang namanya gratisan, kita tidak bisa menuntut apa-apa jika blogger menghapus blog kita yang numpang di hosting google. Tapi kalau punya web hosting sendiri, kita bebas mengembangkan blog/web yang kita kelola sesuai yang dinginkan, tanpa dihantui rasa was-was akan dihapus secara sepihak.

Keunggulan yang ditawarkan web hosting Qwords, seperti pilihan paket hosting yang beragam dengan harga yang murah, aktivasi cepat, layanan backup harian, layanan 24 jam setiap hari (tanpa kenal libur) plus ditambah dengan predikat sebagai salah satu web hosting terbaik di Indonesia, maka tidak ada alasan untuk tidak memilih web hosting Qwords.com untuk blog saya ini. Apalagi waktu kopdar saya dapat voucher diskon web hosting qwords 20%. Luamayan, khan?  :D

Search Engine Optimazation (SEO)


Selesai membahas web hosting dan bagi-bagi hadiah bersama Qwords.com, lanjut ke materi berikutnya yaitu Search Engine Optimazation atau yang sering disingkat SEO. Materi ini dibawakan oleh salah satu anggota Komunitas Blogger Jogja, yaitu mas Sutopo.

Mas Sutopo sedang membawakan materi Search Engine Optimazation (SEO)

Bagi seorang blogger apalagi seorang webmaster, ilmu SEO merupakan ilmu yang sangat penting untuk dipelajari. Agar blog atau situs yang dikelolanya search engine friendly sehingga bisa tampil di halaman hasil pencarian mesin pencari (search engine) seperti google, bing, dan yahoo. Dengan begitu, blog yang kita kelola akan mudah ditemukan oleh orang-orang yang mencari informasi melalui mesin pencari.

Dalam presentasinya, mas Sutopo banyak memberikan tips dan trik bagaimana meng-optimasi sebuah halaman situs atau blog agar bisa tampil di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari (search engine). Anda bisa dilihat materi presentasinya di sini. Atau kalau mau langsung download aja di sini.

Gimana, istimewa banget khan kopdar KBJ dengan Qwords.com?

Blogger Jogja, maksimal! Qwords.com, istimewa! :-)



KOMENTAR