Langsung ke konten utama

Acer Perkenalkan Aplikasi Anak Cerdas Untuk Edukasi

Jumat (14 Februari 2014) kemarin, saya menerima email dari mba +Anandita Puspitasari, Digital Communications Specialist - Acer Indonesia. Isi email-nya tentang press release aplikasi untuk smartphone dan tablet pc berbasis android. Aplikasi ini diberi nama Anak Cerdas.


Sesuai namanya, aplikasi anak cerdas ditujukan untuk meng-edukasi anak-anak lewat gadget dan menghindarkan mereka dari konten-konten yang belum sesuai dengan usianya.

Saat ini memang banyak orang tua yang sudah membekali anaknya yang masih SD bahkan yang masih belum sekolah (belum bisa baca tulis) dengan smatrphone dan tablet pc. Sebenarnya tidak masalah sih… asal orang tua bisa mengajarkan dan mengontrol anaknya menggunakan gadget itu untuk hal-hal yang positif.

Jangan sampai karena ingin anaknya kelihatan pintar - kecil-kecil sudah mahir menggunakan gagdet – justru malah sebaliknya. Anak jadi terjebak asiknya main game sampai lupa makan dan belajar. Seperti yang terjadi pada anak tetangga saya. Waktunya lebih banyak dihabiskan untuk main game, ketimbang belajar.
Yang lebih parah lagi kalau si anak terjebak pada konten-konten dewasa yang belum pantas dilihatnya.

Anak kecil mainan tablet pc
Anak kecil yang sedang asik mainan tablet pc

Dengan berbagai kecanggihan teknologi nirkabel gadget, didukung dengan koneksi internet, maka peluang anak untuk mendapat informasi orang dewasa, sangat besar. Apalagi boleh dibilang konten-konten digital untuk anak-anak, masih sangat minim.

Kembali ke aplikasi Anak Cerdas-nya acer…

Saya belum mencoba langsung aplikasi Anak Cerdas ini. Jujur saja, masih malas instal-nya. Maklum, belum punya anak. Istri aja belum ada, gimana mau punya anak?! :D

Tapi saya yakin aplikasi ini sangat bermanfaat. Karena itu, saya akan tuliskan keunggulan dari aplikasi anak cerdas ini sesuai yang tertulis dalam press release yang saya terima.

Aplikasi Anak Cerdas Acer
Aplikasi Anak Cerdas bikinan Acer

Acer mengkalim kalau aplikasi Anak Cerdas buatannya ini merupakan aplikasi edukasi pertama yang menggunakan Bahasa Indonesia. Konten-nya disesuaikan dengan kurikulum di sekolah nasional Indonesia. Dilengkapi dengan ribuan soal-soal latihan dari berbagai macam mata pelajaran untuk melatih kemampuan dan pengetahuan si anak.

Aplikasi anak cerdas memiliki fitur Parental Control untuk mencegah si Kecil mengakses situs dan aplikasi yang tidak sesuai dengan usianya. Fitur ini otomatis aktif jika fitur Zona Anak pada aplikasi dijalankan. Dapat diaktifkan dan dinonaktifkan menggunakan kata sandi (password), sehingga si anak tidak akan bisa menonaktifkannya jika tidak tahu kata sandi-nya.

Tidak seperti aplikasi Android lainnya yang hanya menawarkan satu fungsi, seperti e-book atau permainan, aplikasi Anak Cerdas menawarkan berbagai fungsi dan konten yang sehingga si anak seperti sedang membuka situs portal yang berisi berbagai macam informasi dan pengetahuan. Menggunakan bahasa-bahasa sederhana yang mudah dimengerti dan dipahami oleh anak-anak.

Oke, saya rasa cukup ya informasinya. Kalau mau tahu lebih banyak tentang aplikasi Anak Cerdas, langsung saja ke situs resminya di www.anakcerdas.co. Bagi yang sudah paham dan pengen langsung menggunakannya, bisa langsung download dari Google Play Store. Gratis! Nggak pake bayar!!!

Cuma ada syarat nih…

Perangkat smartphone dan tablet pc-nya minimal menggunakan android 4.0 Ice Cream Sandwitch (ICS), layar minimal 4.7 inchi, RAM minimal 512 MB, memori penyimpanan minimal 1GB.

Untuk membuat aplikasi anak cerdas tetap menarik, acer berjanji akan terus meng-update konten dan aplikasi-nya.

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.