Acer Perkenalkan Aplikasi Anak Cerdas Untuk Edukasi

Jumat (14 Februari 2014) kemarin, saya menerima email dari mba +Anandita Puspitasari, Digital Communications Specialist - Acer Indonesia. Isi email-nya tentang press release aplikasi untuk smartphone dan tablet pc berbasis android. Aplikasi ini diberi nama Anak Cerdas.


Sesuai namanya, aplikasi anak cerdas ditujukan untuk meng-edukasi anak-anak lewat gadget dan menghindarkan mereka dari konten-konten yang belum sesuai dengan usianya.

Saat ini memang banyak orang tua yang sudah membekali anaknya yang masih SD bahkan yang masih belum sekolah (belum bisa baca tulis) dengan smatrphone dan tablet pc. Sebenarnya tidak masalah sih… asal orang tua bisa mengajarkan dan mengontrol anaknya menggunakan gadget itu untuk hal-hal yang positif.

Jangan sampai karena ingin anaknya kelihatan pintar - kecil-kecil sudah mahir menggunakan gagdet – justru malah sebaliknya. Anak jadi terjebak asiknya main game sampai lupa makan dan belajar. Seperti yang terjadi pada anak tetangga saya. Waktunya lebih banyak dihabiskan untuk main game, ketimbang belajar.
Yang lebih parah lagi kalau si anak terjebak pada konten-konten dewasa yang belum pantas dilihatnya.

Anak kecil mainan tablet pc
Anak kecil yang sedang asik mainan tablet pc

Dengan berbagai kecanggihan teknologi nirkabel gadget, didukung dengan koneksi internet, maka peluang anak untuk mendapat informasi orang dewasa, sangat besar. Apalagi boleh dibilang konten-konten digital untuk anak-anak, masih sangat minim.

Kembali ke aplikasi Anak Cerdas-nya acer…

Saya belum mencoba langsung aplikasi Anak Cerdas ini. Jujur saja, masih malas instal-nya. Maklum, belum punya anak. Istri aja belum ada, gimana mau punya anak?! :D

Tapi saya yakin aplikasi ini sangat bermanfaat. Karena itu, saya akan tuliskan keunggulan dari aplikasi anak cerdas ini sesuai yang tertulis dalam press release yang saya terima.

Aplikasi Anak Cerdas Acer
Aplikasi Anak Cerdas bikinan Acer

Acer mengkalim kalau aplikasi Anak Cerdas buatannya ini merupakan aplikasi edukasi pertama yang menggunakan Bahasa Indonesia. Konten-nya disesuaikan dengan kurikulum di sekolah nasional Indonesia. Dilengkapi dengan ribuan soal-soal latihan dari berbagai macam mata pelajaran untuk melatih kemampuan dan pengetahuan si anak.

Aplikasi anak cerdas memiliki fitur Parental Control untuk mencegah si Kecil mengakses situs dan aplikasi yang tidak sesuai dengan usianya. Fitur ini otomatis aktif jika fitur Zona Anak pada aplikasi dijalankan. Dapat diaktifkan dan dinonaktifkan menggunakan kata sandi (password), sehingga si anak tidak akan bisa menonaktifkannya jika tidak tahu kata sandi-nya.

Tidak seperti aplikasi Android lainnya yang hanya menawarkan satu fungsi, seperti e-book atau permainan, aplikasi Anak Cerdas menawarkan berbagai fungsi dan konten yang sehingga si anak seperti sedang membuka situs portal yang berisi berbagai macam informasi dan pengetahuan. Menggunakan bahasa-bahasa sederhana yang mudah dimengerti dan dipahami oleh anak-anak.

Oke, saya rasa cukup ya informasinya. Kalau mau tahu lebih banyak tentang aplikasi Anak Cerdas, langsung saja ke situs resminya di www.anakcerdas.co. Bagi yang sudah paham dan pengen langsung menggunakannya, bisa langsung download dari Google Play Store. Gratis! Nggak pake bayar!!!

Cuma ada syarat nih…

Perangkat smartphone dan tablet pc-nya minimal menggunakan android 4.0 Ice Cream Sandwitch (ICS), layar minimal 4.7 inchi, RAM minimal 512 MB, memori penyimpanan minimal 1GB.

Untuk membuat aplikasi anak cerdas tetap menarik, acer berjanji akan terus meng-update konten dan aplikasi-nya.


KOMENTAR