Meningkatkan Kinerja dan Keamanan Komputer Pake Baidu PC Faster

Sebuah komputer (PC) kalau sistem operasi-nya masih baru (baru diinstal), pasti kinerjanya masih oke. Tapi lama kelamaan seiring dengan pemakaian sehari-hari, kinerja-nya akan semakin menurun (lemot). Penyebabnya macam-macam, antara lain: Hardisk kepenuhan, ada program/aplikasi yang konflik, ada file sistem yang eror, sistem penuh dengan file-file sampah (junk file), virus dan lain sebagainya.


Untuk menjaga agar kinerja komputer tetap oke, maka pastikan harddisk tidak kepenuhan. Bersihkan file-file sampah atau yang biasa disebut junk file secara rutin (minimal seminggu sekali). Sebaiknya hapus (uninstal) program-program yang nggak penting dan nggak terpakai. Segera lalukan perbaikan jika ada file sistem yang eror. Kalau pake antivirus, cukup satu saja. Yang penting rajin diupdate.

Windows sendiri sebenarnya sudah menyediakan aplikasi tools utility (bawaan windows) yang bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja komputer. Tapi kurang PRAKTIS! Dibutuhkan kemampuan teknis yang lebih kalau ingin mengoptimalkan kemampuan komputer dengan tools utility bawaan windows.

Aplikasi tools windows
Aplikasi tools utility windows

Karena tools utility windows itu kurang praktis, makanya banyak pihak developer aplikasi yang membuat software tools utility yang praktis dan mudah digunakan. Fungsinya untuk menganalisa, mengkonfigurasi, mengoptimalkan dan menjaga/memelihara kinerja komputer. Ada yang gratis ada juga yang berbayar. Pada umumnya yang berbayar (premium), fitur-fitur nya jauh lebih lengkap dari yang gratisan.

Contohnya aplikasi utility berbayar yang cukup terkenal adalah TuneUp Utility. Fitur-fitur sangat lengkap. Sementara untuk yang gratisan ada CCleaner. Untuk urusan bersih-bersih file-file sampah di komputer yang menggunakan windows, CCleaner sangat bisa diandalkan. Saya pake sudah cukup lama.

Belum lama ini saya kenal dengan Baidu PC Faster. Tertarik mencoba karena dari review beberapa orang yang pernah menggukannya, cukup ampuh meningkatkan dan menjaga kinerja PC. Baidu PC Faster katanya juga mampu meningkatkan kecepatan koneksi internet dan keamanan PC.  Dan yang lebih menarik lagi, Baidu PC Faster ternyata GRATIS seumur hidup.

Baidu PC Faster - Optimasi Kinerja dan Keamanan Komputer


Sebagai informasi, "baidu" adalah nama perusahaan mesin pencari internet asal Cina. Di negara asalnya, baidu menjadi mesin pencari utama, loh... Mengalahkan mesin pencari paling populer di dunia, GOOGLE. Bahkan menurut hasil survey CNZZ, Google katanya hanya menjadi pilihan kelima rakyat negeri tirai bambu itu.

Setahu saya, pemerintah Cina memang sangat mendukung produk-produk dalam negerinya. Jadi wajar kalau Google tidak terlalu populer di sana. Karena Cina lebih mengutamakan starup lokalnya.

Kembali ke Baidu PC Faster...

Sudah hampir dua bulan lebih saya menggunakan Baidu PC Faster. Sejauh ini hasilnya sangat memuaskan! Peningkatan kinerja dan keamanan laptop saya benar-benar terasa. Fitur yang paling saya suka adalah fitur-fitur yang berhubungan dengan fungsi-fungsi optimalisasi kinerja windows, koneksi internet dan keamanan.

Baidu PC Faster - Percepat Internet dan Windows
Fungsi-fungsi untuk meningkatkan kecepatan internet dan windows

Fungsi-fungsi tersebut sangat mendukung aktivitas saya sehari-hari yang tak pernah lepas dari dunia maya (internet). Sebagai seorang blogger yang sedang belajar menjadi internet marketer, otomatis kecepatan dan kestabilan koneksi internet serta keamanan menjadi sangat penting.

Aplikasi Baidu PC Faster sangat mudah digunakan (user friendly). Tidak ribet! Hanya butuh satu kali klik untuk melakukan optimasi. Orang awam yang baru belajar komputer sekalipun tidak akan kesulitan menggunakan Baidu PC Faster.

Pertama kali dijalankan, aplikasi Baidu PC Faster otomotis akan mendeteksi masalah-masalah pada PC. Kalau ditemukan masalah, tinggal klik aja tombol penyelesaiaan masalah. Masalah pun selesai! Mudah banget, khan?!  I love this tools!  :)

Baidu PC Faster - User Friendly
Cukup satu klik untuk meningkatkan kinerja pc (sangat praktis)

Kita juga bisa langsung spesifik melakukan pengoptimalan pada salah satu fungsi. Misalnya cuma ingin melakukan pembersihan file-file sampah (junk file), maka langsung aja masuk ke menu cleaner. Di situ kita bisa melakukan pembersihan lebih detail. Kita bisa mengatur/memilih lokasi-lokasi junk file yang ingin dibersihkan. Misalnya hanya mau bersihin junk file saja, file privasi saja, registri saja, atau mau semuanya. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Fitur Clener Baidu PC Faster
Fitur Clener Baidu PC Faster

Hal yang sama juga berlaku untuk fungsi optimalisasi kecepatan komputer. Di dalam menu SpeedUp kita bisa melakukan pengaturan item-item aplikasi yang ingin diaktifkan atau dinonaktifkan (sesuai kebutuhan).

Fitur SpeedUp Baidu PC Faster
Fitur SpeedUp Baidu PC Faster

Untuk masalah keamanan, Baidu PC Faster menganjurkan untuk melakukan scanning virus minimal seminggu sekali. Fitur Virus Scan nya Baidu PC Faster sangat bisa diandalkan untuk mendeteksi virus dan program-program jahat lainnya yang ada di sebuah pc.

Fitur Virus Scan Baidu PC Faster
Fitur Virus Scan Baidu PC Faster

Salah satu kemampuan Virus Scan Baidu PC Faster yang saya sangat butuhkan yang tidak saya dapatkan dari antivirus gratisan adalah “Scan Internet”. Fungsinya untuk memeriksa keamanan konfigurasi jaringan internet. Ada juga “Scan Game” untuk memeriksa keamanan untuk jalur game online. Tapi karena saya nggak pernah main game online, jadi fungsi ini belum pernah saya pakai.

Scan Internet Baidu PC Faster
Proses scanning internet

Sayangnya fitur Virus Scan Baidu PC Faster ini menggunakan sistem cloud. Jadi hanya bisa hanya bisa digunakan kalau komputer sedang terkoneksi dengan internet. Karena itu, sesuai saran dari Baidu PC Faster, saya juga menginstal Baidu Antivirus untuk mendapatkan proteksi secara realtime. Cuma konsekuensinya kinerja komputer akan sedikit berkurang. Tapi buat saya itu nggak malah. Yang penting komputer saya lebih aman.

Baidu Antivirus
Baidu Antivirus

Baidu Antivirus ini file installer-nya terpisah dengan Baidu PC Faster. Jadi Baidu Antivirus bisa diinstal pada komputer tanpa harus menginstal Baidu PC Faster. Begitupun sebaliknya.

Tapi saran saya, kalau menggunakan Baidu PC Faster, sebaiknya untuk antivirus-nya gunakan Baidu Antivirus. Bisa saja sih pake antivirus lain... tapi akan lebih bagus kalau menggunakan tools dari developer yang sama. Sebab kemungkinan untuk terjadi crash akan sangat kecil, karena dibuat oleh developer yang sama.

Baidu Antivirus bisa dowload langsung dari situs resminya di antivirus.baidu.com. Bisa juga instal langsung dari aplikasi Baidu PC Faster jika pc sedang terkoneksi dengan internet.

Fitur yang tak kalah penting yaitu Win Update. Fitur ini akan mendeteksi patch terbaru windows dan merekomendasikan patch yang penting untuk diupdate dan mana yang tidak perlu. Mengupdate patch, khususnya yang berkaitan dengan keamanan (security) sangat dipenting dilakukan untuk meningkatkan keamanan pc dari peretas dan aplikasi-aplikasi jahat lainnya.

Saat coba menggunakan fitur Win Update, ternyata tidak ditemukan patch yang perlu diupdate. Berarti komputer saya masih aman. :)

Fitur Win Update Baidu PC Faster
Hasil scan patch laptop, saya. Masih aman...

Satu lagi fitur menarik dari Baidu PC Faster yaitu Game Faster. Sesuai namanya, fitur berfungsi untuk memaksimalkan kinerja PC untuk menjalankan aplikasi game. Berhubung saya bukan gamer, jadi fitur ini belum pernah saya pake. Jadi saya nggak tahu sejauh mana peningkatan kinerja pc saat digunakan bermain game setelah menggunakan fitur Game Faster.

Fitur Game Faster Baidu PC Faster
Fitur Game Faster

Buat para gamers, silahkan dicoba sendiri yaa... jangan lupa mampir lagi ke sini buat ngasi laporan-nya. :-)



KOMENTAR