Langsung ke konten utama

Tips Menghemat Kuota Bandwidth Internet dan Mempercepat Loading Webpages Menggunakan Browser Opera 12

Siapa yang tidak kenal dengan Opera Mini? Wah, kebangetan banget kalau sampai ada yang nggak tahu. :D Sampai detik ini, Opera Mini masih browser yang terbaik untuk perangkat mobile (mobilephone). Sayang, kepopuleran Opera Mini tidak diikuti oleh browser Opera untuk PC. Kalah populer dengan Mozilla Firefox, Chrome, dan Internet Explorer. Padahal kalau menurut saya, browser Opera adalah browser yang sangat lengkap dengan berbagai macam fitur penunjang kelancaran, kemudahan dan keamanan berselancar di dunia maya. Salah satu fitur yang sangat saya suka dari Opera adalah fitur TURBO. Sejauh pengetahuan saya, fitur seperti ini hanya ada di browser Opera.



Yang belum pernah menggunakan browser Opera untuk PC, pasti penasaran dan bertanya-tanya “Apa sih fungsi fitur Opera Turbo”?

Oke lah kalau begitu, saya jelaskan secara singkat saja yaa…

Jadi.. Opera Turbo adalah sebuah fitur yang berfungsi mempercepat waktu loading sebuah halaman web dan menghemat kuota bandwidth. Cara kerjanya: situs atau halaman web yang akan kita buka/kunjungi terlebih dahulu dikompres di server opera, baru kemudian ditampilkan di bowser Opera. Dengan cara ini, halaman situs yang akan kita buka lebih ringan, sehingga otomatis waktu loading-nya pun akan lebih cepat dan lebih hemat bandwidth, tentunya.

Dulu, sebelum ada fitur TURBO di browser Opera, berbagai tips dan trik mempercepat koneksi internet dan menghemat pemakaian kuota bandwidh, telah saya coba. Dari yang manual sampai yang pake software. Tapi software yang gratis loh.. karena kebanyakan software-nya, berbayar. Maklum.. kondisi keuangan saya belum mendukung untuk berlangganan internet unlimited dengan speed yang tinggi.

Akhirnya, untuk memenuhi hasrat online saya yang cukup tinggi ( lebay mode on  :D ) dengan sedikit memaksakan, saya berlangganan koneksi internet murah berbasis kuota dengan speed yang rendah (dibatasi). Nah, agar koneksi internet saya tidak lelet dan tidak boros data, saya pakelah berbagai macam tips dan trik serta software atau layanan web accelerator yang banyak beredar di internet. Salah satu software pengompres yang pernah saya pake adalah Toonel. Yang berbayar seperti nitro dan onspeed, saya pake sampai vesi trial (percobaan) nya saja. :D

Namun sejak dirilisnya Opera 10 dengan fitur Turbo (2010), sejak itu pula saya sudah tidak lagi memakai software-software penghemat kuota bandwith internet, tersebut. Saat postingan ini saya buat, versi terbaru Opera adalah Opera 12, yang tetap menjadikan fitur Turbo sebagai fitur andalannya.

Fitur Opera 12 yang menarik untuk dibahas, sebenarnya masih banyak. Tapi untuk postingan kali ini, saya khususkan membahas pemanfaatan fitur Turbo dan fitur pendukung lainnya untuk menghemat kuota bandwidth internet dan mempercepat loading halaman web. Untuk fitur yang lain, akan saya bahas di the next postingan.

Tertarik menggunakan browser Opera untuk PC?  Jika iya, silahkan klik ~>  download Opera 12

Secara default, fitur turbo tidak diaktifkan saat pertama kali browser opera diinstal. Karena itu harus diaktifkan sendiri oleh pengguna. Caranya mudah! Coba perhatikan sudut kiri paling bawah, disitu ada tiga icon. Icon yang paling kanan, itu adalah icon Opera Turbo. Klik icon tersebut lalu klik "Enable Opera Turbo" pada sub menu yang muncul. Selesai! Fitur Opera Turbo telah on (aktif).

Kita bisa mengatur fitur Opera Turbo supaya bekerja secara otomatis. Dimana fitur opera turbo akan otomatis on jika koneksi sedang lambat (lelet), dan akan kembali off jika kembali normal (cepat). Caranya, klik icon opera turbo yang ada sudut kiri bawah dan klik "Configure Opera Turbo..." pada menu yang muncul. Akan muncul window seperti di bawah ini. Selanjutnya pilih "Automatic" lalu OK. Selesai!


Karena saya menggunakan koneksi internet dengan sistem kuota, jadi saya harus menghemat kuota bandwdith. Karena itu, saya jarang banget menggunakan pilihan "Automatic".  :-)

Selain dengan mengaktifkan fitur TURBO, cara lain yang saya lakukan untuk mempercepat loading web dan menghemat kuota bandwith, yaitu:

# Mendisable/menonaktifkan "Animated Images"

Animasi adalah salah satu content web/blog yang cukup menguras kuota bandwith internet. Semakin banyak images animasi dalam sebuah halaman web, maka semakin berat dan lama pula waktu loading halaman web tersebut. Karena itu, fitur “animated images” selalu saya nonaktifkan.

Secara default, fitur “animated images” aktif saat pertama kali browser Opera diinstal. Dengan mendisable/menonaktifkan fitur ini, maka setiap images animasi yang terdapat dalam halaman web yg dibuka, tidak akan ikut di-load (dimuat) namun hanya akan ditampilakn dalam bentuk image tanda play. Kalau mau melihat atau menjalankan animasi tersebut, tinggal klik tanda play tersebut.

Cara menonaktifkan-nya..

Masuk ke Menu > Settings > Preverences.... (atau tekan Ctrl + F12) maka akan muncul window seperti di bawah ini. Klik atau pilih tab "Advanced" lalu pilih "Content". Hilangkan tanda "centang" pada tulisan "Enable animated images", lalu klik OK. Selesai!



Menonaktifkan fitur “animated images” memang sedikit membuat sebuah halaman web kehilangan daya tarik atau keindahan. Tapi demi menghemat bandwith dan mendapatkan loading speed  yang cepat, hal tersebut terpaksa saya lakukan. :-)

# Mendisible/menonaktifkan fitur "Sound in Webpages"

Selain images (statis dan animated) sound atau suara juga sering menjadi bagian dari sebuah halaman web. Sound itu bisa dari iklan, radio, atau media player yang dibuat berjalan otomatis ketika halaman web dibuka. Buat saya, sound ini tidak penting! karena itu, fitur “soudn in webpages” saya matikan untuk lebih mempercepat loading dan menghemat bandwith.



Sama seperti fitur “animated images”, fitur “sound in webpages” juga secara default aktif saat pertama kali menginstal browser opera. Untuk menonaktifkan-nya, ikuti langkah menonaktifkan "animated images di atas, lalu hilangkan tanda centang pada tulisan "Enable sound webpages".

# Mendisable/menonaktifkan "JavaScript"

JavaScript adalah sebuah bahasa pemograman yang banyak digunakan untuk membuat sebuah website lebih interaktif. Semakin banyak JavaScript digunakan pada sebuah web atau blog, maka semakin berat pula loading halaman web tersebut.

Langkah menonaktifkannya sama dengan "animated images" dan "sound in webpages" di atas. Hilangkan tanda centang pada tulisan "JavaScript".



Mendisable/menonaktifkan JavaScript, saya lakukan hanya koneksi koneksi benar-benar lagi lelet. Efek sampingnya, halaman web yang saya kunjungi jadi kurang interaktif. Contohnya, kita gak bisa komen dan update status di facebook, bahkan nge-like status teman aja gak bisa. Begitu juga dengan blog, kita gak bisa ngasih komen. Kita hanya bisa melihat dan membaca status teman.

# Mendisable/menonaktifkan "Images"

Menonaktifkan images dengan memilih pilihan "No Images" (seperti dalam gambar di bawah) adalah jurus terakhir yang biasa saya keluarkan jika koneksi internet benar-benar super lelet (lemot abis!). Efek sampingya, halaman web jadi kurang enak dipandang mata, karena yang muncul hanya teks (tulisan), doank. Semua content images, termasuk video tidak ditampilkan.



----------------------

Untuk lebih jelasnya tentang cara setting browser Opera agar hemat kuota bandwidth dan loading halaman web lebih cepat, silahkan play video sederhana yang bikinan saya sendiri di bawah ini.


Semoga tips dari saya ini bermanfaat.

Mungkin teman-teman punya tips dan trik lain seputar browser Opera? Jangan sungkan dan pelit untuk barbagi disini yaa... :-)



Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.