Pengalaman Pertama Naik Trans Jogja

Kalau jakarta punya BusWay, maka Jogjakarta juga punya TransJogja. Tidak jauh berbeda dengan BusWay, kemunculan Trans Jogja di Yogyakarta didasari keinginan pemerintah daerah untuk mengurangi kemacetan (volume kendaraan) dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menyediakan suatu fasilitas public, berupa angkutan umum yang aman dan nyaman. Tapi tarifnya agak mahal sich..., hehehe...

Yang membedakan Trans Jogja dengan Busway hanya ukuran dan jalur ( jalur apa lajur ya...? ) bisnya. Kalau TransJogja Ukuran bisnya lebih kecil dari Busway, kemudian dari lajurnya untuk TransJogja tidak dipisah seperti Busway Jakarta.


Trans Jogja

Tampilan luar Bis TransJogja dengan dominasi warna hijau
dipadu dengan sedikit warna kuning di depan


Bis Trans Jogja

Kondisi di dalam bis TransJogja dengan penggunaan AC dan
penataan kursi penumpangyang saling berhadap hadapan,
sehingga menciptakan ruang yang lebih luas

Sejak TransJogja diluncurkan, kalau nggak salah pada tanggal 18 Februari 2008, baru hari minggu kemarin (16 Maret 208) saya mencoba menggunakan TransJogja untuk jala-jalan ke Malioboro bersama sang kekasih, Uuuuu.... gayanya.... :D Kebetulan masa promosi udah lewat (Rp 1000,00/tiket), jadi ya kena biaya normal dech...., sebesar Rp 3.000,00/orang.

Dari segi kenyamanan memang lebih baik dari angkutan umum sebelumnya yang dikelola swasta, karena menggunakan AC (pendingin udara) dan penataan kursi penumpang yang saling berhadapan memberikan ruang yang lebih luas. Untuk saat ini saya pelayanan dan kenyamanan bisnya sendiri bolelah....., mungkin karena masi baru kali yaa..., gak tau deh ke depannya apa masih bisa senyaman sekarang atau malah tambah baik, atau malah tambah jelek? Kita lihat aja nanti, mudah-mudahan sih.. tambah baik. Amin..

Eh... satu lagi, TransJogja make sistem transit loh..., artinya kita bisa berganti bis sampai kita benar-benar tiba di tempat tujuan hanya dengan sekali bayar. Asik khan..., untuk lebih jelasnya bagi teman-teman yang berdomisili di Jogjakarta dan sekitarnya silahkan di coba sendiri, lalu berikan opini/pendapat, kritik, dan saran. Siapa tahu aja ada orang-orang PEMDA yang mampir ke sini, khan bisa langsung ditindak lanjuti, hehe..

UPDATE

Bukan rahasia lagi kalau Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan wisata favorite di Indonesia. Tidak kalah lah.. sama pulau dewata, bali. Jadi tidak heran kalau bisnis yang berhubungan dengan pariwisata seperti hotel, tumbuh subur di Yogyakarta. Nah, ngomong2 soal Hotel, saya sudah pernah menulis tentang pengalaman mencari hotel murah di jogjakarta, khususnya di sekitar jalan malioboro.

Buat teman-teman yang mungkin punya rencana  berlibur ke Yogyakarta dan butuh hotel murah, silahkan baca pengalaman saya tersebut, siapa tahu bisa membantu teman-teman mencari hotel murah di Yogyakarta.



KOMENTAR