Manfaat dan Keunggulan Beriklan dengan PPC

Beberapa hari yang lalu saya menulis tentang Manfaat Blog bagi sebuah Perusahaan dan UKM dalam mengenalkan maupun menjual produk/jasa nya. Pertanyaanya sekarang adalah, Apakah cukup sampai di situ? membuat blog lalu barang/jasa yang Anda tawarkan akan dikenal dan laku terjual? Tidak, pekerjaan selanjutnya yang harus dilakukan adalah mendatangkan pengunjung (traffik) ke blog tersebut. Karena blog/website tanpa pengunjung akan siasia saja.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaring/mendatangkan pengunjung ke blog/situs kita, namun saya bagi saja dalam 2 kelompok. Yaitu cara gratis dan cara berbayar. Untuk cara gratis yaitu dengan memanfaatkan mesin pencari (SEO = search engine optimazation) dan situs2 social media networking (SMO = social media optimazation). Kedua teknik ini sudah banyak banget blogger yang membahasnya. Jadi silahkan cari di google atau yahoo saja ya...!

Sedangkan untuk yang tidak gratis alias berbayar (butuh modal), kita bisa menggunakan media periklanan online yang seperti PPC (pay per click). Yaitu sebuah metode promosi online yang sangat populer saat ini.
Pay per click (PPC) adalah suatu jenis atau metode periklanan di dunia internet yang membayar pemilik blog/situs setiap klik pengunjung terhadap link iklan yang terpasang di blog/situsnya. Iklan bisa berupa text, image/banner, dan video. Untuk lebih jelasnya tentang pengertian PPC, silahkan baca di sini (versi inggris) atau di sini (versi Indonesia).

Diagram SEO

Dibandingkan dengan metode atau sistem advertising online lainnya seperti iklan baris maupun direct advertising, PPC memiliki banyak keunggulan :

  • Pemasang iklan hanya membayar jika iklannya di klik oleh IP yang unik sehingga akan lebih efektif dan lebih murah.
  • Pemasang iklan dapat mengawasi iklannya.
  • Pilihan jenis iklan yang beragam, seperti Text, image/banner, dan video.
  • Iklan otomatis tayang/muncul pada situs-situs yang sesuai dengan kategori atau kata kunci yang diinginkan oleh pemasang/pemilik iklan.
  • Broker PPC memiliki banyak sekali anggota/penerbit (publisher), sehinga iklan Anda akan muncul pada banyak situs/blog.
  • Situs2 PPC dilengkapi dengan sistem anti-fraud klik untuk melindungi pemasang iklan dari orang2 yang tidak bertanggung jawab.

Sekarang, tinggal terserah Anda mau memilih cara yang mana?

Namun untuk hasil yang maksimal memang idealnya kalau kedua cara di atas dilakukan. Apalagi untuk sebuah blog/web yang menjual barang atau jasa. Dengan SEO dan SMO yang bagus ditambah beriklan mengunakan jasa online advertising lainnya seperti PPC, maka potensi keuntungan dari barang atau jasa yang Anda jual akan semakin besar.

Tapi kalau memang Anda atau perusahaan Anda belum memiliki cukup modal untuk pasang iklan berbayar melalui PPC, maka jalan satu-satunya Anda harus bekerja keras mengoptmalkan SEO dan SMO, sambil mengumpulkan modal supaya bisa pasang iklan di broker PPC.



KOMENTAR