Langsung ke konten utama

Solusi Saat Koneksi Internet Lagi Lemot atau Lambat

Koneksi atau jaringan internet di Indonesia harus kita diakui belum sebaik atau secepat koneksi internet di negara2 maju seperti di Eropa, jepang, korea-selatan, dll. Oleh karena itu pengguna internet di Indonesia akrab dengan istilah koneksi internet lemot  (koneksi internet lambat). Kejadian ini sering dialami terutama pada jam2 sibuk, dimana banyak orang yang sedang online. Dan yang paling sering mengalaminya adalah pengguna internet broadband (nirkabel).

Salah satu cara yang sering saya lakukan ketika koneksi internet saya lagi lemot adalah: mematikan fasilitas Load Images/picture, Sound, dan animation pada browser yang saya gunakan. Tampilan website/blog yang kita buka memang tidak akan menarik karena yang tampak hanya text tanpa image atau gambar sama sekali. Namun bagi yang cuman pengen baca2 artikel atau berita dalam bentuk text, tips ini akan sangat membantu untuk mempercepat loading halaman (loading page) suatu website. Cara ini memang sudah lama, namun sering dilupakan.

Untuk menonaktifkan/disable load image/picture pada browser, silakan pilih menu “Options” pada browser yang Anda gunakan, kemudian masuk ke menu “Content Setting”. Selanjutnya, Anda tinggal nonaktifkan contents yang tidak ingin browser Anda baca atau tampilkan, seperti: Image, sound, video, animasi, dll. Khusus untuk Internet Explorer, pada halaman internet options, pilih tab Advanced, kemudian scroll kebawah untuk mencari bagian Multimedia, seperti pada gambar 2.

google-chrome-content-setting 
Gmbr. 1
Tampilan halaman Content Setting pada browser Google Chrome

Multimedia-setting-internet-explorer
Gmbr. 2
Tampilan halaman Internet Options Setting
pada browser Internet Explorer

Mozilla-firefox-content-setting
Gmbr. 3
Tampilan halaman Content Setting pada browser Mozilla Firefox

Jika ingin loadingPage-nya lebih ringan lagi, Anda juga bisa mematikan atau menonaktifkan JavaScript-nya. Konsekuensinya, menu2 atau widget2 yang menggunakan JavaScript pada web/blog yang akan Anda buka tidak akan muncul.

Cara lain mengatasi koneksi internet yang lambat adalah dengan mengunakan sistem kompresi. Sistem kerjanya yaitu mengkompress ukuran image/picture pada suatu halaman web yang kita kunjungi, supaya loading Page-nya lebih ringan. Fitur seperti ini bisa kita jumpai pada browser Opera 10 Turbo. Atau bisa juga dengan menggunakan software/aplikasi pengompress seperti toonel, nitro, onspeed, dll.

Semoga bermanfaat. :-)

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.