Langsung ke konten utama

Cara Membuat Blog itu Mudah

“Ajarin cara membuat blog donk!." Permintaan seperti ini sering kali muncul di kolom komentar blog saya. Tak jarang juga yg langsung bertanya melalui email dan facebook, “Mas, bagaimana sih.. cara membuat blog?”. Saya yakin, teman2 yg sudah lama berkecimpung di dunia blogsphere, pasti pernah mendapat komentar/pertanyaan yg sama.

Pertanyaan seperti itu tentu datangnya dari seorang newbie, jadi sebelum saya benar2 menjawab pertanyaan tersebut, saya sering bertanya balik terlebih dahulu, “Maksud Anda, belajar membuat blog atau belajar membuat template blog?”.

Kalau menjawab, “cara membuat blog”, maka jawaban saya:

Cara membuat blog - Blogger vs Wordpress
Kalau cuman membuat blog sih gampang bgt, anak SD juga bisa. Bahkan menurut saya nih.., membuat blog lebih mudah dari pada membuat account di friendster, facebook, twitter, dan jejaring sosial lainnya. Ada banyak sekali penyedia blog di internet, tapi yg paling populer adalah, blogger dan wordpress. Sedangkan untuk lokal, yg populer adalah blogdetik, dagdigdug, dan kompasiana.

Tapi kalau Anda masih bingung juga? Oke, sekarang silahkan buka search engine google, kemudian tulis di kolom pencarian “cara membuat blog” (boleh pake tanda petik, boleh juga tidak). Namun jika Anda ingin pencariannya lebih spesifik pada salah satu platform, misalnya wordpress, maka tinggal tambahkan nama platform-nya, menjadi “cara membuat blog di wordpress” lalu tekan tombol search/cari. Anda akan menemukan website atau blog yg berisi panduan atau tutorial cara membuat blog di halaman pertama hasil pencarian (SERP) sesuai platform yg Anda pilih.


Kalau menjawab, “Cara membuat template”, Maka jawaban saya:

Wah, Anda salah alamat kalau nanya cara membuat template ke saya. Karena saya sama sekali buta dgn webdesign. Kalau mau belajar template blogspot, silahkan bertanya ke Kang Rohman dan mas Agus Ramadhani. Setahu saya, beliau berdua ini adalah master template blogger/blogspot di Indonesia. Untuk Wordpress, maaf saya kurang tahu. Silahkan cari sendiri di Internet, ya!. :)

Ada koreksi atau tambahan dari jawaban saya diatas?

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.