Bangga Masuk 20 Besar Finalis “Beat Blog Writing Contest”

Kamis, 17 Maret 2010 (18.00 – 22.00 WIB) seharusnya saya ada di Jakarta menghadiri undangan acara Network Gathering, yang diadakan di Goethe Istitue atau Goethe Haus, Jl. Sam Ratulangi No. 9-15, Menteng, Jakarta Pusat. Tapi karena acaranya di jakarta, sedangkan saya tinggal di Jogja, jadi saya nggak punya waktu menghadiri acara tersebut. Padahal pengen banget ikut! :( Apa itu Network Gathering dan kenapa saya dapat undangan?

Begini ceritanya!

Jadi, beberapa waktu lalu, saya mengikuti sebuah kontes menulis di blog “Beat Blog Writing Contest”. Kontes menulis di blog ini, digagas oleh VHR Media, yang disponsori oleh Djarum Foundation, Ford Foundation, XL, dan Gagas Media. Tema kontesnya sendiri, tentang lingkunganGreen Your Mind”.

Singkat cerita, pengumuman para finalis yang lolos seleksi pun diumumkan. Dari total 1.110 peserta, kemudaina dikerucutkan menjadi 100, dikerucutkan lagi menjadi 50, dan terakhir 20 besar. Dan ternyata, tulisan saya yang berjudul “Ramah Lingkungan Tak Cuma Hemat Listrik”, masuk dalam 20 besar. Yang membuat saya bangga, selain karena berhasil lolos ke 20 besar, juga karena juri utama yang merupakan orang-orang hebat, hanya menilai tulisan perserta/finalis yang masuk 20 besar. Otomatis, tulisan saya di baca juri donk!

Tahu nggak, siapa jurinya? Happy Salma, IGG Maha Adi (direktur eksekutif Society of Environmental Journalists alias SIEJ dan wartawan National Geographic Indonesia), dan FX. Rudy Gunawan (penulis, wartawan VHR Media, dan pendiri Gagas Media). Gimana nggak bangga, kalau tulisan seorang newbie seperti saya, dibaca oleh orang-orang yang sudah senior dan hebat dalam bidang tulis-menulis. Satu lagi yang bikin saya bangga, karena naskah tulisan kedua puluh finalis akan dicetak dalam bentuk buku berjudul “Blogger Bicara Lingkungan”. Wow..! ini akan menjadi tulisan pertama saya yang dimuat dalam sebuah buku cetak. :-)

Walupun tidak bisa mencicipi hadiah utama (uang tunai Rp 5.000.000,00 + Blackberry), kedua (Uang tunai Rp 3.000.000,00 + Blackberry) dan ketiga (Uang tunai Rp 1.500.000,00 + Blackberry),  tapi saya sudah sangat BANGGA masuk 20 besar finalis “BeatBlog Writing Contest”. Lagi pula, 17 finalis lainnya (termasuk saya) bukan tanpa hadiah koq..! Karena masing-masing mendapat uang tunai 500rb, sebagai royalti dari tulisan-nya yang dimuat dalam buku “Blogger Bicara Lingkungan” yang akan segera dicetak oleh Gagas Media.

Apa itu Network Gathering?

Nah, karena tulisan saya masuk 20 besar, jadi saya dapat undangan langsung dari panitia lomba untuk menghadiri acara Network Gathering. Acara ini merupakan lanjutan acara dari rangkaian acara NET.WORK (Netizen Writing Contest, Offline Gathering, Reporting From the Field dan Key-Worth) sebuah acara yang dikhususkan bagi para Netizen (warga internet).

Foto bersama - 20 finalis beat blog writing contes 20 Finalis Beat Blog Writing Contest 
(Sumber gambar: VHR Media)

Salah satu sesi dalam acara Network Gathering adalah pengumuman pemenang pertama, kedua dan ketiga, beat writing contest. Dan sesuai rundown susunan acara yang sebelumnya sudah diinformasikan panitia lewat email, kedua puluh finalis didaulat naik ke panggung. Sayang, karena nggak hadir dalam acara tersebut, saya nggak bisa merasakan bangganya ada di atas panggung. Walau hanya sebagai finalis, tapi itu sudah saya anggap sebagai kemenangan!

Buat semua yang telah mendukung saya, terimah kasih kasih banyak, yaa…!!! :)



KOMENTAR