iPad 2 vs Samsung Galaxy Tab 2

Kesuksesan Apple mempopulerkan PC Tablet (iPad) membuat vendor-vendor lain berlomba-lomba ikut memproduksi PC Tablet versi mereka masing-masing. Salah satunya samsung dengan Galaxy Tab-nya yang telah berhasil mencuri perhatian pengguna PC Tablet. Bahkan kabarnya, saat ini Samsung Galaxy Tab merupakan pesaing terberat iPad.

iPad 2

Bukan Steve Jobs namanya kalau tidak bisa melakukan inovasi untuk mengatasi para kompetitor-nya. Terbukti, awal maret 2011, Apple secara resmi merilis iPad generasi kedua (iPad 2) yang diganyang-ganyang jauh lebih baik dari versi sebelumnya.

iPad 2

Apa saja kelebihan iPad 2 dari versi sebelumnya?

1. Lebih langsing dan ringan

iPad 2 memiliki ketebalan 8,8 milimeter, lebih tipis 4.6 mm dari iPad 1 (13,4 mm). Bahkan lebih tipis dari iPhone 4 (9.3 mm). Dengan berkurangnya ketebalan yg dimiliki sekarang, berhasil mengurangi beratnya dari 1,5 pon menjadi 1,3 pon.

2. Prosesor Berbasis ARM Cortex A9

Jika pada iPad generasi pertama menggunakan prosesor A4 single-core 1GHz, maka pada iPad 2, menggunakan prosesor Apple A5 dual-core 1GHz, rancangan ARM Cortex A9. Dengan prosesor yang baru ini, maka iPad 2 memiliki performa dua kali lebih cepat dari iPad 1.

3. Kamera

Tidak adanya kamera pada iPad 1, banyak disayangkan oleh para pecinta PC tablet, khususnya pecinta Apple tablet  (iPad). Oleh karena itu,  iPad 2 telah dilengkapi dengan dua kamera (depan dan belakang). Dengan penambahan kamera ini, maka Video chat atau video conference pun bisa dilakukan dengan fitur FaceTime. Sayang, belum diketahui berapa pixel resolusi kameranya tersebut.

4. Simtem Operasi iOS 4.3

Operating sistem iPad 2 telah diupgrade dari iOS 4.1 menjadi iOS 4.3. Operating sistem terbaru ini menawarkan performa kecepatan browsing internet yang lebih baik melalui browser Safari-nya.

5. Grafis Yang Mumpuni

Berdasarkan pernyataan bos Apple,Steve Jobs, kemampuan grafis iPad 2 sembilan kali lebih hebat dari generasi iPad yang pertama. Jika pernyataan itu benar, maka kemampuan ini akan memanjakan para pecinta game (gamers).

6. Terdapat HDMI Out

IPAD 2 ini memiliki fasilitas HDMI (High-Definition Multimedia Interface) untuk menghubungkannya pada televisi. Namun sayang, untuk bisa menggunakannya masih butuh konektor tambahan yang harus dibeli terpisah.

7. Smart Cover

Smart Cover yang merupakan aksesoris pelapis layar depan iPad 2, yang bisa otomatis mengunci perangkat dalam keadaan tertutup. Cover ini mengandung magnet sehingga bisa terpasang dengan baik. Selain itu, Cover ini juga bisa dilipat untuk dijadikan dudukan iPad.

Dibalik semua kelebihan atau kecanggihan yang ditawarkan iPad 2, ternyata menurut seorang pengamat Apple, Mattew Powell, menilai iPad 2 tidak memberikan perubahan radikal, seperti yang banyak diharapkan banyak orang. Contohnya, resolusi layar (1024 x 768) yang sama saja dengan versi sebelumnya. Katanya lagi, “memang ada prosesor dual core dan kamera, tapi para kompetitor pun memilikinya”.

Samsung Galaxy Tab 2

Diluncurkannya iPad generasi kedua oleh Apple, sepertinya sudah ketehui oleh Pesaing terdekatnya saat ini, samsung. Sehingga sebelum iPad 2 resmi diluncurkan, Samsung sudah terlebih dulu memperkenalkan tablet generasi keduanya (Samsung Galaxy Tab 10.1) pada ajang Mobile World Congress 2011, di Barcelona, Spayol, bulan februari lalu.

samsung Glaxy Tab 10.1

Apa saja kelebihan Samsung Galaxy Tab 2 dari versi sebelumnya?

1. Ukuran layar lebih besar dan lebih tipis

Samsung Galaxy Tab 2 hadir dengan ukuran layar yang jauh lebih besar dari versi sebelumnya (7 inchi) menjadi 10,1 inchi dengan resolusi 1280 x 800 pixel. Sedangkan ketebalan dan beratnya, saat pertama kali diperkenalkan pada Mobile World Congress 2011, adalah: tebal 10mm, berat 599 gram. Namun kemudian didesain ulang sehingga lebih tipis dan lebih ringan. Sekarang tebalnya tinggal 8,6 mm, dan berat 595 gram.

2. Menggunakan Prosesor Dual Core

Sama dengan iPad 2, Galaxy Tab 2 juga menggunakan prosesor dual core 1GHz, yang kecepatannya dua kali lebih cepat dari versi awal.

3. Resolusi kamera lebih besar

Resolusi kamera mengalami perubahan yang cukup signifikan, terutama untuk kamera belakang. Kalau Galaxy Tab generasi pertama resolusi kamera depannya 1,3 megapixel dan kamera belakang 3 megapixel, maka pada Galaxy Tab generasi kedua, kamera depan 2 megapixel dan kemera belakang 8 megapixel.

4. Menggunakan Android Honeycomb

Jika pada samsung Galaxy Tab generasi pertama masih menggunakan sistem operasi Android untuk Smartphone, maka pada tablet generasi kedua sudah menggunakan Android Honeycomb, yang kabarnya memang dirancang khusus untuk PC Tablet.

Kabar terbaru mengatakan kalau perusahaan asal korea selatan ini, juga telah mempersiapkan varian lain dari Galaxy Tab generasi kedua ini, dengan ukuran layar 8,9 inchi. Dan akan dirilis belakangan setelah Galaxy Tab 10,1 yang rencananya akan hadir di bulan Juni 2011.

Memang masalah ukuran layar yang tepat bagi PC Tablet, masih menjadi perdebatan. Masing2 mengkalim, bahwa ukuran tablet merekalah yang paling ideal. Namun sepertinya samsung masih belum yakin dengan ukuran layar tablet-nya, sehingga sampai mengeluarkan 3 ukuran layar. Atau samsung hanya ingin menghadirkan variasi ukuran saja? Berbeda dengan iPad yang sepertinya sudah yakin dengan ukuran layar tablet-nya (9,7 inchi).

Kesimpulan

Secara resmi, Samsung Galaxy Tab 2 memang belum diluncurkan, tapi dari spesifikasi-nya yang telah beredar, kita bisa melihat bahwa Galaxy Tab 2 sedikit lebih unggul dari iPad 2. Namun bukan rahasia lagi kalau Apple lekat dengan image eksklusif, karena produk-produknya yang berkuliatas tinggi. Dari segi harganya pun diatas rata-rata harga gadget produksi vendor yang lain. Tapi kalau dilihat harga iPad 2 dengan harga Samsung Galaxy Tab 2, tidak jauh beda koq!



KOMENTAR