Langsung ke konten utama

Tips Mencari Tiket Pesawat Murah (Promo)

Tiket Pesawat Murah Tiket pesawat murah atau yang biasa disebut tiket pesawat promo menjadi incaran banyak orang yang ingin bepergian dengan pesawat terbang. Namun biasanya tiket promo ini hanya tersedia dalam jumlah terbatas, sementara peminatnya banyak banget. Tak heran jika tiketnya cepat habis, karena menjadi rebutan. Bahkan jauh sebelum hari keberangkatan, tiket murah atau tiket promo ini sudah habis dibooking para calon penumpang. Memesan jauh sebelum hari keberangkatan memang salah satu tips untuk bisa kebagian tiket pesawat murah (promo) ini.

Tapi perlu diketahui, tiket pesawat promo tidak dapat dipindah tangankan dan tidak bisa pindah tanggal dan jam kebarangkatan. Jadi, pemegang tiket promo harus berangkat sesuai dengan jadwal keberangkatan pesawat yang tertera ditiket yang telah dibeli (kecuali pesawatnya delay). Kalau tidak, maka uang kita akan hangus. Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli tiket pesawat promo, sebaiknya pastikan (fixed) dulu tanggal dan jam keberangkatan Anda.

Biasanya akan sulit untuk mendapatkan tiket pesawat murah pada akhir pekan dan hari senin, karena di hari-hari tersebut banyak orang yang melakukan perjalanan. Apalagi kalau pas hari-hari libur, seperti: libur lebaran, libur natal, dan libur-libur nasional lainnya. Jadi kalau Anda menginginkan tiket pesawat murah, maka jangan jadwalkan perjalanan Anda pada hari-hari (waktu) tersebut. Kecuali kalau memang urusannya mendesak, ya apa boleh buat, terpaksa Anda harus relah merogoh kocek lebih dalam untuk membeli tiket pesawat yang harganya lebih mahal.

Dimana mencari tiket pesawat murah/promo? Anda bisa kunjungi agent-agent penjualan tiket pesawat terdekat di kota Anda, dan tanyakan, apa masih ada tiket promo ke daerah yang akan Anda tuju. Karena setiap maskapai memberikan harga promo yang berbeda-beda, jadi tanyakan juga maskapai apa yang tiket promo-nya paling murah. Tapi kalau jarak tempat tinggal Anda tidak terlalu jauh dari bandara, sebaiknya Anda datang langsung ke bandara. Masalahnya kalau kita beli tiket di agent (apalagi agent yg tidak resmi), tentu harganya akan lebih mahal. Kalau gak salah, agent biasanya mengambil untung antara 30 s/d 50 ribu.

Selain melalui Agent dan datang langsung ke bandara, kita juga bisa berburu tiket pesawat murah atau tiket pesawat promo melalui internet. Caranya? Ya kita kunjungi situs maskapai pesawat yang ada, terutama yang memiliki rute ke kota yang akan kita tuju. Cara ini yang paling sering saya lakukan. Kebetulan saya sering banget dimintai tolong saudara/keluarga dan teman untuk mencarikan tiket pesawat promo. Sayangnya untuk membeli tiket pesawat secara online, kebanyakan masih menggunakan kartu kredit, sedangkan saya gak punya kartu kredit. :) Dan kalau gak salah, jika kita beli pake kartu kredit, tiketnya hanya berlaku untuk pemegang kartu kredit tersebut. Jadi kita tidak bisa beli tiket pesawat secara online buat orang lain, pake kartu kredit kita.

Seminggu yang lalu, saat mencari tiket pesawat murah untuk adik saya yang hendak pulang kampung dari Balikpapan ke Makassar, saya menemukan sebuah situs yang mampu mencari dan menampilkan tiket promo dari berbagai maskapai penerbangan yang ada di Indonesia. Dengan situs ini, kita tidak perlu lagi repot-repot mengunjungi satu per satu situs maskapai penerbangan untuk mencari tiket promo. Cukup dengan membuka satu situs saja, kita sudah bisa mengetahui dan membandingkan harga tiket promo dari setiap maskapai. Dan kalau kita setuju untuk membeli tiket promo tersebut, kita bisa langsung beli pada situs ini. Pembayarannya tidak lagi pake kartu kredit, tapi dengan sistem transfer antar rekening bank (bisa melalui ATM). Tapi karena situs ini merupakan agent tiket pesawat online, jadi mereka mengambil untung (biaya pemesanan) sekitar 30 s/d 50 ribu/tiket. Alamat situsnya tiket2.com

Tiket Pesawat Promo
Tiket Pesawat Promo (screenshot diambil 12 july 2011)

Karena tempat tinggal saya tidak jauh dari bandara (tidak sampai 10 menit perjalanan) maka situs pencari tiket pesawat promo ini, saya manfaatkan hanya untuk mencari tiket murah saja. Setelah tahu maskapai mana yang tiket promo-nya paling murah, saya langsung meluncur ke bandara, dan beli langsung di maskapainya. Lumayan bisa hemat 30 s/d 50 ribu/tiket. :D Tapi kalau tempat tinggal Anda jauh dari bandara, maka agent tiket pesawat online ini, bisa menjadi pilihan yang tepat buat Anda membeli tiket.

Ada yang punya tips atau pengalaman lain dalam mencari tiket pesawat murah (promo)?

UPDATE

Sekarang, hampir semua maskapai penerbangan sudah mendukung pembayaran lewat ATM. Jadi bagi yang gak punya kartu kredit, udah nggak perlu lagi beli tiket lewat agen atau jauh-jauh ke bandara untuk beli tiket pesawat. Tinggal buka aja situs maskapai-nya, booking tiketnya lalu bayar tiketnya melalaui ATM.

Untuk informasi lengkapnya, silahkan baca postingan terbaru saya, Cara Booking dan Bayar Tiket Pesawat Lewat ATM


Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.