Langsung ke konten utama

Cara Booking & Bayar Tiket Pesawat Lewat ATM

Tahun lalu (2011) sekitar bulan Juli, saya menulis tentang tips mencari tiket pesawat murah (promo). Waktu itu (kalau gak salah) belum banyak makapai penerbangan yang memberikan pilihan pembayaran tiket pesawat melalui ATM, termasuk Lion Air yang saat ini merupakan maskapai penerbangan dalam negeri yang memiliki rute dan jumlah penerbangan paling banyak. Makanya waktu saya ngasih tips mencari tiket pesawat promo itu, yang belum kartu kredit atau internet banking, mau gak mau harus beli tiketnya melalui agen atau langsung datang ke bandara.

Kabar baiknya, sekarang hampir semua maskapai sudah mendukung pembayaran tiket pesawat via ATM.

Siang tadi, saya baru saja beli tiket pesawat Lion Air (pergi-pulang) jurusan Surabaya – Banjarmasin. Tiketnya bukan buat saya, tapi buat teman saya yang mau mudik lebaran. Saya booking tiket-nya via online (internet) dan pembayaran-nya via ATM.

Sayangnya, maskapai penerbangan sebesar Lion Air, di situs resminya tidak menyediakan semacam tutorial cara booking dan bayar tiket, khususnya melalui ATM. Sehingga banyak orang yang bingung, dan akhirnya lari ke agen-agen tiket pesawat atau ke bandara untuk reservasi langsung.

Cara Booking Tiket Pesawat

Sebenarnya untuk masalah booking tiket sih gak terlalu ribet. Kita tinggal buka situs resmi maskapai-nya, terus pilih rute dan jadwal penerbangan yang dikendendaki. Kalau udah cocok (setuju) dengan harga tiket yang tersedia, tingal lanjut mengisi data diri sesuai ID orang yang akan menggunakan tiket. Seperti nama, alamat, no telepon, dan email. Jangan lupa pilih metode pembayaran via ATM sebelum mengklik tombol lanjut.

Catatan: Gunakan email yang valid, soalnya eTiket yang nanti bisa kita cetak/print sendiri, akan dikirim melalui email yang digunakan saat booking.

Cara Bayar Tiket Pesawat Lewat ATM

Saat proses booking sudah selesai, masalah muncul di tahap terakhir yaitu PEMBAYARAN. Bukan masalah serius sih sebenarnya, tapi bikin bingung! Kita disuruh segera melalukan pembayaran lewat ATM (paling lambat 3 jam setelah booking) tapi yang muncul hanya “kode pesanan”, “kode pembayaran ATM”, dan total harga tiket yang harus dibayar.

Booking Tiket Pesawat


Nomor rekening tujuan pembayaran tiket, mana???

Karena bingung, saya coba bertanya ke mbah google. Dengan kata kunci “cara membayar tiket pesawat lewat ATM”, akhirnya saya mendapat jawaban di sebuah blog, yang ternyata pemiliknya juga pernah ngalamin kebingungan yang sama dengan saya, waktu pertama kali booking dan bayar tiket pesawat Lion Air lewat ATM.

Ternyata untuk membayar tiket pesawat lewat ATM, sama saja dengan pembayaran tagihan telepon dan listrik lewat ATM.  Sudah ada menu khusus untuk pembayaran tiket pesawat di bagian menu “pembayaran” pada ATM. Jadi, kita tidak perlu tahu nomor rekening tujuan pembayaran. Kita hanya perlu memasukkan kode pembayaran yang didapat saat booking.

Proses pembayaran tiket pesawat via ATM, kurang lebih seperti ini…

Setelah memasukkan pin ATM, masuklah ke menu PEMBAYARAN. Di dalam menu pembayaran biasayanya ada ada sub menu lainnya, seperti: listrik, telepon, PAM, Tiket, dll. Pilih sub menu tiket. Di dalam menu tiket, ada lagi sub menu: kereta, kapal laut, bis, pesawat, dll. Karena ingin membayar tiket pesawat, pastinya pilih sub menu “pesawat” donk…! Di dalam sub menu pesawat, akan terlihat nama-nama maskapai penerbangan yang sudah bekerjasama dengan bank ATM tersebut. Tinggal pilih nama maskapai-nya dan masukkan “kode pembayaran ATM” yang didapatkan saat booking.

Apabila “kode pembayaran ATM” yang dimasukkan benar, akan muncul layar konformasi yang memperlihatkan kode pesanan, nama, jadwal, nomor penerbangan, harga tiket, dll. Kalau data konfirmasi tersebut sudah cocok dengan data yang Anda masukkan saat booking, baru deh tekan OKE/BENAR atau LANJUTKAN. Setelah menekan “OKE” maka secara otomatis, saldo di ATM akan terpotong sesuai harga tiket. Dan secara otomatis pula, eTiket akan dikirim ke alamat email yang dipakai saat booking. eTiket tersebut bisa dicetak/print sendiri atau kalau malas cetak sendiri, bisa cetak di booth atau loket maskapai bersangkutan yang ada di bandara. Tinggal kasih aja kode booking tiket ke petugasnya, dan tiket akan langsung dicetak.

Jangan lupa ambil dan simpan struk pembayaran yang keluar dari mesin ATM. Karena itu akan menjadi alat bukti yang sah, kalau-kalau petugas di bandara meminta bukti pembayaran. Tapi biasanya sih tidak!

Buat pengguna ATM BCA, sedikit membingungkan, karena di menu pembayaran tidak ada sub menu pembayaran tiket. Jadi saat di dalam menu pembayaran, pilih menu “lain-lain” terus masukkan kode perusahaan masakapainya. Contohnya untuk Lion Air, kode-nya adalah 710110. Setelah tekan OKE/YES baru masukkan kode pembayaran tiket. Proses selanjutnya, sama seperti di atas.

Spertinya struktur menu ATM BCA perlu diupdate, agar lebih userfriendly. Masak bank sebesar BCA, struktur menu ATM-nya kalah canggih dengan bank-bank lain.

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.