Berburu Barang Bekas Murah di Internet

Berburu barang bekas Keterbatasan dana sering kali mengubur impian seseorang untuk memiliki barang impiannya. Kalau udah terpaksa, barang bekas atau barang 2nd sering menjadi solusinya. Tapi jangan berpikiran kalau semua barang bekas itu jelek loh… banyak juga koq yang beruntung mendapat barang bekas tapi kondisinya masih sangat bagus. Namun tidak semua orang seberuntung itu. Yang bernasib sial juga banyak. Mereka beli barang bekas dengan harga murah, tapi belum lama dipake, barang tersebut sudah rusak. Yah, itu memang sudah menjadi resiko membeli barang bekas.  Tapi asal kita teliti sebelum membeli, resiko tersebut bisa diminimalisir, bahkan dihilangkan sama sekali. Jadi teliti sebelum membeli, ya! :)

Nah, ngmong2 soal jual-beli barang bekas, hampir tiap kota di Indonesia ada pasar khusus yang menjual barang-barang bekas (barang 2nd). Contohnya kalau di Jogja, pasar klithikan kuncen. Di sini dijual berbagai macam barang bekas, mulai dari barang  antik sampai barang modern, namun bekas pakai. Kebutulan dua minggu yang lalu saya baru saja beli VGA (video graphic card) bekas, tapi bukan di pasar klithikan. Saya belinya di salah satu toko komputer yang memang khusus menjual perangkat-perangkat komputer bekas pakai.

Dengan semakin majunya teknologi informasi, khususnya internet, berburu barang bekas kini tidak hanya bisa dilakukan di pasar barang bekas offline, tapi juga bisa dilakukan di internet (dunia maya). Beberapa situs yang saya kenal banyak menawarkan barang-barang bekas, yaitu: Tokobagus.com, Berniaga.com, Bukalapak.com dan forum jual beli kaskus (FJB Kaskus). Setahu saya, kebanyakan penjual di situs-situs tersebut adalah personal seller, bukan toko berbadan hukum. Situs-situs ini memang hanya sebagai penyedia tempat bagi bertemunya penjual dan pembeli. Jadi siapapun bisa berjualan disana. Anda pun kalau punya barang bekas yang masih layak pakai dan ingin dijual, bisa dijual di situs-situs tersebut, loh...! Enaknya, kita gak perlu bayar apa2 kalau mau jualan di situs-situs tersebut. (Baca: Cara jualan barang bekas di internet )

Nah, sekarang Anda sudah tahu dimana harus berburu barang bekas di internet, khan? :)  Tapi sebelum mulai berbelanja di internet, sebaiknya baca dulu tips aman berbelanja di internet, supaya terhindar dari berbagai macam penipuan.

Mungkin Anda punya informasi lain, tempat berburu barang bekas di internet? silahkan share di kolom komentar, oke?!  :)



KOMENTAR