Tips Aman Belanja Online di Internet

Belanja Online di Internet Belanja di Internet atau online shopping, sudah menjadi gaya hidup di negara2 maju seperti di Eropa, Amerika, Korea, Jepang, dll. Sedangkan di negara-negara berkembang seperti Indonesia, belanja melalui internet belum biasa, tapi sudah dimulai. Kebanyakan pengguna internet di negara2 berkembang seperti Indonesia, memanfaatkan internet masih sebatas tempat mencari informasi dan bersosial media. Takut tertipu menjadi alasan utama, kenapa orang-orang Indonesia masih enggan untuk belanja via internet.

Memang tidak bisa dipungkiri kalau media internet juga banyak dimanfaatkan oleh para penipu (deceiver) untuk melancarkan aksinya. Tapi itu bukan berarti kita harus anti terhadap online shopping. Karena bagaimana pun, belanja online di internet, memiliki banyak keuntungan, antara lain: hemat waktu dan tenaga, karena tidak perlu keluar rumah atau keluar kota, apalagi keluar negeri. Cukup duduk manis di depan komputer, pilih barang yang ingin dibeli, bayar, terus tinggal tunggu deh.. barangnya datang. :) Harga juga tidak beda jauh dgn harga di toko offline, terus lebih mudah memilih barang yang diinginkan karena sudah di bagi-bagi dalam kategori sesuai jenis barangnya.

Tips Aman Belanja Online di InternetBelanja Online (Online Shopping)

Bagaimana supaya aman belanja online di internet? Mudah2an beberapa tips di bawah ini bisa membantu Anda dari penipuan saat berbelanja di internet.

#Jangan mudah tergiur dengan “harga murah”

Banyak sekali kasus orang yang tertipu dengan modus “harga murah”. Siapa coba yang tidak ingin dapat barang bagus dengan harga murah, jauh di bawah harga normal barang tersebut. Semua orang pasti mau, termasuk saya. :D Namun kita juga harus realistis, masak iya..  barang yang harga normalnya 10 juta misalnya, hanya dijual 5 juta saja. Khan gak masuk akal tuh... Kecuali itu barang hasil rampokan/curian.

#Pastikan orang atau toko online tempat Anda belanja bisa dipercaya.

Berbisnis di Internet sangat mengutamakan kepercayaan, karena antara penjual dengan pembeli tidak berhubungan secara face to face. Barang yang diperjual belikan pun hanya bisa dilihat melalui gambar/photo. Untuk itu, pastikan si penjual memiliki data identitas yang jelas dan data tersebut valid. Terutama untuk personal seller. Kalau situs toko online sih.. lebih mudah dipercaya, apalagi yang sudah terkenal seperti “rakuten”. Kebetulan saya pernah beli sebuah kado unik di rakuten. Kalau toko online baru pertama kali Anda kenal, sebaiknya searching terlebih dahulu testimoni atau review tentang toko online tersebut.

Kalau Anda belanja di forum jual beli seperti FJB Kaskus yang paling banyak diisi personal seller, pastikan si penjual memiliki reputasi yang baik, biasanya ditandai dengan jumlah bintang dan cendol (istilah khusus di kaskus) pada acoount si penjual. Makin banyak bintang dan cendol yang dimiliki, berarti reputasi si penjual semakin bagus. Artinya si penjual bisa dipercaya.

#Waspada dengan Phishing dan Pharming

Phishing adalah usaha penipuan melalui email. Si penipu akan mengirim email ke calon-calon korbannya yang seolah-olah email tersebut datang dari toko online, bank atau perusahaan kartu kredit, dll. Email ini akan memancing calon korbannya untuk melakukan berbagai hal, misalnya memverifikasi kartu kredit, memasukkan username dan password, dan lain sebagainya. Jika Anda menerima email semacam itu, langsung dihapus saja! karena perusahaan2 besar tidak akan melakukan hal tersebut melalui email.

Sedangkan Pharming adalah jenis penipuan dengan membuat halaman web palsu yang mirip dengan tampilan web aslinya. Misalnya situs toko online, bank, dan lain-lain. Orang yang masuk perangkap pharming, jika mengklik checkout akan dibawa pada halaman milik sang penipu dan diminta untuk memasukkan data-data pribadi. Untuk terhindar dari pharming, selalu pastikan alamat situs yang ingin anda buka, sudah sesuai dengan yang tertera/tertulis di address bar browser.

#Gunakan Online Payment Processor

Salah satu penyebab orang takut berbelanja di internet karena banyak terjadi kasus pencurian data kartu kredit (Carding). Karena itu, untuk lebih aman bertransaksi secara online, sebaiknya gunakan Online Payment Proscessor. Yang sudah sering berbelanja di Internet, pasti sudah kenal dengan Paypal. Yup, Paypal adalah salah satu contoh Online Payment Processor yang sudah sangat populer di dunia. Kalau Anda sering berbelanja di situs luar negeri, sebaiknya gunakan Paypal. Tapi kalau untuk transaksi online payment di dalam negeri, gunakan iPaymu.

Kita cukup mendaftar secara gratis di situs Online Payment Processor tersebut (semacam buka rekening kalau di bank), lalu mendeposit sejumlah uang sesuai yang kita inginkan. Nah, uang yang kita deposit di situs online payment tadi itu lah yang akan kita gunakan untuk melakukan pembayaran saat berbelanja di internet. Uang kita yang ada di Paypal atau iPaymu, akan tersimpan dan terlindungi dengan aman. Ketimbang menggunakan kartu kredit atau kartu debit, menggunakan Online Payment Processor, tentu akan lebih aman, karena kita tidak perlu menginput data2 kartu kredit atau kartu debit.

#Gunakan Anti Virus, Anti Spyware, Anti Phishing, dan Firewall yang baik.

Para penjahat online akan menggunakan segala macam cara untuk mencari dan menjebak korban2nya, baik melalui email dengan menggunakan software (perangkat lunak) yang sengaja dibuat dengan berbagai tujuan. Ada yang untuk mencuri data pribadi targetnya, ada juga yang hanya bertujuan merusak sistem operasi targetnya. Oke karena itu kenyamanan dan keamanan Anda berselancar dan berbelanja di internet atau dunia maya, sebaiknya proteksi komputer Anda dengan perangkat lunak anti virus, anti spyware, anti phising dan firewall yang bagus! kalau perlu pake yang berbayar.

 

Mungkina ada yang mau nambahin? atau mau berbagi pengalaman belanja online?Silahkan tulis di kolom komentar, oke.  :)



KOMENTAR