Samsung Galaxy Y – Ponsel Android Untuk Anak Muda

Ngomongin ponsel android samsung, memang nggak ada habisnya. Sebagai seorang blogger yang suka mengamati perkembangan gadget, saya tidak pernah kehabisan bahan tulisan tentang gadget samsung. Dan kali ini saya akan bercerita tentang Samsung Galaxy Y. Anda tentu sudah kenal dengan Samsung Galaxy Mini, khan? Nah, Samsung Galaxy Y ini adalah generasi baru dari ponsel android samsung yang mentarget anak muda, seperti galaxy mini.

Huruf “Y” nya adalah kependekan dari “Young” yang artinya “muda”. Jadi jelas sekali kalau Samsung Galaxy Y memang ditujukan untuk anak muda. Harganya juga sangat anak muda sekali. Mau tahu berapa? Saat pertama kali diluncurkan harganya 1,5 juta rupiah. Namun saat saya menulis postingan ini, harga Samsung Galaxy Y sudah turun menjadi sekitar 1,2 juta rupiah. Hmm.. murah banget, khan?!  :)

samsung Galaxy Y, Ponsel Android untuk anak muda
Tampilan Samsung Galaxy Y

Samsung Galaxy Y, desainnya mirip banget dengan Samsung Galaxy Ace, hanya saja Galaxy Y dimensinya lebih kecil sedikit. Dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy Mini, Galaxy Y tidak hanya hadir dengan spesifikasi yang lebih tinggi, namun juga ada sedikit penurunan, yaitu pada ukuran layar dan resolusi kamera.

Berikut spesifikasi resmi dari Samsung Galaxy Y :
  • Android Gingerbread 2.3.5
  • Prosesor 832 MHz
  • RAM 256MB, 164MB storage
  • Kamera 2 Megapixel
  • Layar kapasitif 3.0 inci beresolusi 320X240 piksel
  • GSM / EDGE / UMTS (3G) / HSDPA
  • WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth v3.0, A-GPS

Dari segi desain, Samsung Galaxy Y beda banget dengan Galaxy Mini. Seperti yang sudah saya bilang di atas, dia lebih mirip dengan Galaxy Ace. Seluruh bodinya terbuat dari bahan plastik sehingga bobotnya lebih ringan (97.5 gram). Sekeliling bodi-nya (frame) dibalut dengan bahan berwarna krom sehingga terlihat lebih elegan.

UPDATE

Ternyata ada varian lain dari Samsung Galaxy Y, yaitu Galaxy Y Pro. Perbedaan-nya tidak banyak, tapi cukup signifikan, karena Galaxy Y full touch screen, sedangkan Galaxy Y Pro menggunakan tombol atau keyboard QWERTY. Seperti apa penampakan-nya, check it out! 

Samsung Galaxy Y Pro
Penampakan Samsung Galaxy Y Pro
Memang tidak semua orang suka atau cocok dengan gadget yang full touch screen. Contohnya teman saya sendiri yang telapak tangannya cepat sekali basah (berkeringat), jadinya dia tidak suka dengan gadget yang full touch screen. Sepertinya Samsung Galaxy Y Pro ini, cocok buat dia, sayang dia sudah terlanjur beli Blackberry Gemini.



KOMENTAR