Langsung ke konten utama

Mengenal Lebih Jauh HP Dual SIM Card

Hp dual SIM Card, atau biasa juga disebut dual mode, dual SIM, atau dual-on, mulai populer pada dua tahun terakhir. Bisa dimaklumi, karena HP dual SIMcard memang memberikan berbagai keuntungan, terlebih dalam menyiasati perang tarif operator yang menggiurkan. Hp dual SIM card sebenarnya sudah ada sejak sebelas tahun silam. Sementara di Indonesia, HP berslot SIM ganda ini baru mulai booming pada tahun 2009.

Secara garis besar, HP dual SIM dibagi menjadi dua jenis. Pertama, dual SIM single-on. Hape kategori ini menyediakan dua slot kartu namun hanya satu nomor saja yang bisa aktif. Sementara itu, satu lagi dikenal dengan sebutan dual-on atau biasa juga disebut sebagai dual SIM dual standby, dimana dua kartu yang terpasang sama-sama aktif.

Menurut Wikipedia, HP dual SIM card pertama kali dikenalkan secara komersil pada tahun 2000 oleh perusahaan asal Finlandia, Benefon Twin. Namun HP tersebut masih mengadopsi single-on, sehingga hanya satu kartu saja yang bisa aktif.  Sementara untuk hape dual SIM jenis dual-on tidak ada informasi pasti kapan atau dimana pertama kali lahir atau dijual secara komersil. Begitu juga dengan hape-hape berslot tiga SIM Card (Triple SIM), empat simcard, dan seterusnya. Hanya saja untuk dual SIM standby sepertinya sudah ada sejak (atau sebelum) tahun 2007, sebab pada tahun 2007 beberapa produsen sudah mengenalkan HP dual-on, seperti Samsung D880 Duos dan Verzio.

Cara Kerja HP Dual SIM card

Pada awalnya HP dual SIM card hanya mendukung satu jenis jaringan saja, GSM-GSM atau CDMA-CDMA. Kemudian berkembang mengikuiti kebutuhan masyarakat, hingga muncullah varian hibrid GSM-CDMA, tiga kartu, dan sebagainya. Lantas, bagaimana cara kerjanya?

Menurut situs Chinavasion, cara kerja HP dual SIM tergantung dari jumlah CPU yang dipakai. Situs tersebut mengatakan, ada HP dual SIM yang berprosesor ganda, ada pula yang mengandalkan satu unit prosesor. Hape berprosesor ganda umumnya dapat mendukung dual-on. Artinya HP dapat mengaktifkan dua kartu secara simultan, dan dapat melakukan panggilan disaat yang sama. Sementara HP dual SIM yang hanya disokong satu CPU, berarti cuma dapat menerima atau melakukan satu panggilan saja.

Software memiliki peran tak kalah penting dalam manajemen HP dual SIM. Khususnya terkait fasilitas mailbox. Sebab fitur pesan suara ini dikatakan akan sangat tergantung dari perangkat lunak yang dipakai. Apabila platfom yang disematkan telah mendukung, maka jika satu kartu sedang online (menelpon) maka HP akan memberitahukan si penelpon jika nomor tersebut sedang sibuk. Lalu kemudian panggilan tersebut akan diteruskan ke pesan suara. Sementara jika software tidak mendukungnya, maka HP akan memberitahukan (menotifikasikan) sedang non-aktif.

Sejarah Perjalanan HP Dual SIM Card

Tahun 2000 : HP bermodus dual SIM pertama lahir di Finlandia, oleh Benefon Twin. HP yang juga diberi nama Benefon Twin ini hanya mendukung single-on.

Tahun 2007 : Perusahaan Singapura, Verzio, mengenalkan HP dual SIM 3G pertama di dunia. Diberi nama Duplii, Verzio mengusung dual SIM GSM-GSM, ditenagai oleh dua unit prosesor, dan telah mendukung dual-on. Pada bulan November 2007, samsung merilis HP dual SIM pertamanya melalui D880 Duos. Samsung merupakan perusahaan yang percaya bahwa market dual sim akan memiliki potensi besar. Tahun 2007 Philip mengenalkan Xenium 929w dan 699. Keduanya masih single-on. Untuk memindahkan kartu yang aktif, pengguna cukup dengan me-restart HP.

Tahun 2008 : HP dual SIM ber-OS Windows Phone pertama lahir pada bulan desember 2008, lewat E-ETEN glofiish DX900. Namun karena dua bulan kemudian E-TEN diakuisisi Acer, E-TEN glofiish DX900 pun ikut berubah menjadi ACER Tempo DX900. Pada tahun yang sama, produsen asal korea selatan, LG, mengenalkan KS660 yang merupakan HP dual SIM pertama mereka. KS660 mengusung form factor layar sentuh 3 inci, dilengkapi fitur musik, radio FM, kamera 5MP, dan microSD.

Tahun 2009 : Mei 2009 pasar HP dual SIM di Indonesia booming oleh Nexian NX-G900. Sepanjang tahun 2009, HP yang dikenal dengan sebutan “Nexianberry” ini dikatakan telah terjual 3 juta unit. September 2009, Nokia melalui halaman online conversation.nokia.com, membuka diskusi terbuka dengan pengunjungnya mengenai HP dual SIM.

Tahun 2010 : Dibulan Juni 2010, Nokia mengumumkan kehadiran Nokia berkartu ganda (dual SIM card) melalui C1-00 dan C2-00. Di Indonesia kemunculannya dimulai oleh C1-00 pada Agustus 2010. HP ini dinaderol pada kisaran harga 400 ribu rupiah.

(Sumber: Tabloid SINYAL, Edisi 23 Desember 2011 - 5 Januari 2012)

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.