Pesawat Adalah Alat Transportasi Paling Aman di Dunia

Berita tentang jatuhnya pesawat sering kali membuat sebagian orang merasa takut dan enggan untuk menggunakan alat transportasi udara. Ya, rasa takut itu memang wajar, apalagi kalau melihat dan mendengar pemberitaan kondisi korban kecelakaan pesawat yang sangat mengenaskan, seperti kondisi korban pesawat sukhoi superjet 100 yang baru-baru ini jatuh di gunung salak, bogor. Tapi sadarkah kita bahwa sebenarnya pesawat adalah alat transportasi paling aman di dunia?

Pesawat adalah alat transportasi yang standart keamanan-nya paling tinggi. Orang-orang yang terlibat di dalamnya adalah orang-orang profesional yang terdidik dan terlatih. Contohnya sang pengemudi pesawat atau yang biasa disebut pilot, mereka adalah orang-orang pilihan yang dididik dan dilatih bertahun-tahun untuk bisa dan mahir menerbangkan pesawat.

Pesawat Terbang Komersil


Untuk masalah perawatan, pesawat adalah alat transpotasi yang paling terawat dan terkontrol kondisnya. Bayangkan, setiap mendarat maupun saat mau terbang, pesawat terlebih dahulu harus melalui pengecekan kondisi berbagai komponen pesawat yang dilakukan oleh teknisi-teknisi yang juga terdidik dan terlatih, sama seperti pilot. Ada masalah atau kerusakan sedikit saja, maka pesawat tidak akan diijinkan terbang.

Jadi menurut saya, tidak ada alasan untuk takut menggunakan pesawat terbang. Masalah kecelakaan, mau pake alat transportasi apapun kalau memang ajal sudah mau menjemput, kita tidak akan bisa menolak. Lagi pula kalau mau dihitung-hitung, jumlah korban kecelakaan pesawat saya yakin jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah korban kecelakaan dari alat transportasi lainnnya, seperti kereta, kapal, dan mobil.

Sekali lagi, pesawat adalah alat transportasi paling aman di dunia, jadi jangan takut naik pesawat! Berdoa saja, semoga Tuhan memberi keselamatan. Betul? 

Ayoo.. siapa yang sampai sekarang masih takut naik pesawat?  :-) 



KOMENTAR