Langsung ke konten utama

Tips Aman Dari Pembajakan Akun Twitter dan Facebook

Baru-baru ini akun twitter saya dibajak atau dibobol oleh orang tak bertanggung jawab (penjahat cyber). Setelah berhasil membajak akun twitter, si pembajak kemudian menggunakan akun twitter saya  @feriyunus untuk berpromosi. Kalau nggak salah, produk yang dipromosikan adalah sebuah bisnis investasi online. Cara promosi yg digunakan, yaitu dengan cara mengirim Direct Messages (DM) ke followers saya. Isi DM yang dikirim mengandung link ke sebuah halaman situs berisi ajakan bisnis investasi online.

Sedikit heran juga sih.. koq akun saya yang  followers-nya cuma sedikit (saat dibajak follower twitter saya sekitar 815) jadi target? Padahal akun twitter yang followers-nya ratusan ribu bahkan jutaan, banyak. Pembajak  yang aneh.  :-)

Untungnya, paswood twitter dan email saya, tidak sama. Jadi, walaupun si pembajak (hacker) berhasil membajak twitter saya, tapi dia tidak berhasil membajak email saya. Sehingga dengan mudah saya bisa menyelamatkan akun twitter saya, dengan cara reset password. Dimana link/URL untuk membuat password baru (reset password) akan dikirim lewat email. Andai saja email saya berhasil dibajak, saya pasti udah nangis bombay. :D  Puji Tuhan, si pembajak tidak berhasil membobol email saya. :-)

Nah, dari pengalaman saya ini, saya ingin sedikit memberikan tips aman dari pembajakan akun twitter dan facebook. Sebenarnya tidak hanya untuk twitter dan facebook sih.. tapi berlaku untuk semua jenis social media. Hanya kebetulan, twitter dan facebook adalah social media terpopuler saat ini, sehingga menjadi target utama para pembajak (hacker).

Tips Aman dari Pembajakan Akun Twitter dan Facebook

Tips aman dari hacker


  • Gunakan password yang rumit (tidak mudah ditebak). Jangan gunakan password yang mudah ditebak seperti nama dan tanggal lahir sendiri. Gunakan minimal 8 karakter yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Lebih bagus lagi kalau dikombinasi dengan karakter lain seperti: @ | $ | # | * | & | % | ? | dan lain-lain. Semakin rumit, semakin bagus. Tapi ingat, jangan sampai lupa password sendiri. Khan nggak lucu kalau password sendiri aja lupa. :-) 

  • Nah, ini yang sangat penting. Gunakan password yang berbeda untuk email, twitter dan facebook. Sehingga ketika salah satu akun social media Anda dibobol, maka akun yang lain bisa tetap aman. Atau setidaknya tidak mudah dibobol. Namun menurut saya yang paling penting dijaga keamanannya adalah email. Kenapa?  karena melalui email lah kita akan menerima segala pemberitahuan dan konformasi jika terjadi perubahan pada akun social media yang kita punya. Jadi selama akun email tidak ikut dibobol si pembajak, maka akun twiiter atau facebook yang telah dibajak kemungkinan besar masih bisa diselamatkan, seperti akun twitter saya.

  • Jangan sembarangan mengijinkan/membolehkan aplikasi atau situs mengakses informasi data di akun twitter atau facebook, Anda. Sekarang banyak situs yang menggunakan/membolehkan akun social media seseorang seperti twitter dan facebook untuk menjadi members di situs tersebut. Jadi Anda harus selektif melihat situs atau aplikasi mana yang dipercaya untuk mengakses data akun twitter atau facebook, Anda.
  • Hati-hati kalau menggunakan komputer umum (seperti warnet) untuk mengakses email, twitter dan facebook, Anda. Jangan mengijinkan komputer atau browser mengingat username dan password, Anda. Biasanya khan kalau kita baru login/masuk, suka ada menu yang muncul berisi peringatan atau permintaan, apakah kita (user) mengijinkan komputer atau browser mengingat username dan password yang baru kita masukkan atau tidak. Terus jangan sampai lupa pencet tombol logout/keluar, sebelum meninggalkan komputer.  Kalau mau lebih aman lagi, gunakan mode penjelajajan pribadi pada browser yang anda gunakan. Bagi yang belum tahu apa itu mode penjelajahan pribadi, silahkan cari infonya di google.

Itulah sedikit tips aman pembajakan akun twitter dan facebook, dari saya. Bagi yang suka atau baru mau suka belanja online, silahkan baca juga tulisan saya sebelumnya tentang tips aman belanja online. Semoga bermanfaat. :-)


Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.