Langsung ke konten utama

Sony Xperia Tipo vs Samsung Galaxy Mini 2

Tadi sore waktu lagi walking-walking by bicycle, saya melihat banyak iklan Sony Xperia Tipo, terpampang di billboard besar pinggir jalan. “Sony Xperia Tipo, hanya Rp 1,5 Jutaan” tertulis jelas di media iklan outdoor tersebut. “Saingan Samsung Galaxy Mini 2, nih..” kata saya dalam hati waktu pertama kali melihat iklan tersebut.


Karena iklannya cukup banyak saya lihat di jalan-jalan, sesampai di rumah, saya jadi tertarik untuk mengenal lebih lanjut tentang Sony Xperia Tipo. Dalam hati saya, siapa tahu dengan harga 1,5 juta rupiah, spesifikasi Xperia Tipo sama atau malah lebih tinggi dari Samsung Galaxy Mini 2 (Generasi kedua dari Samsung Galaxy Mini), yang harganya sedikit lebih mahal (1,9 juta rupiah).

Kalau melihat gambar iklan-nya sih.. Sony Xperia Tipo sangat mengandalkan fitur audio (musik). 

Sony Xperia Tipo
Sony Xperia Tipo

Dari hasil infestigasi (hehe.. kayak detektif saja) yang saya lakukan, memang benar, dilihat dari segi spesifikasi hardware, Sony Xperia Tipo cukup setara dengan Samsung Galaxy Mini 2. Keduanya menggunakan prosesor berkekuatan 800Mhz, RAM 512, dan kamera 3.15 megapixel (tanpa fitur auto fokus dan LED flash). Untuk memori internal,  Sony Xperia Tipo sedikit kalah, karena memori internal-nya hanya 2.9GB, sedangkan Galaxy Mini 2, memori internal-nya 4GB. Tapi untuk baterai, Xperia Tipo menang, dengan kekuatan baterai 1500 mAh, sedangkan Galaxy Mini 2 hanya 1300 mAh.

Kemudian untuk masalah OS (Operating System). Sony Xperia Tipo lebih unggul, karena telah menggunakan Android 4.0 (Ice Cream Sandwich), sedangkan Samsung Galaxy Mini 2 masih menggunakan Android 2.3 (Gingerbread). Untuk layar, ukurannya hampir sama. Sony Xperia Tipo hanya kalah 0,07 inchi. Perbedaan paling mencolok adalah di warna layar. Ketajaman warna Galaxy Mini 2 lebih baik karena menggunakan layar sentuh TFT kapasitif 16 juta warna, sedangkan layar Sony Xperia Tipo hanya 262 ribu warna. Ralat: Xperia Tipo dan Galaxy Mini 2 memiliki ketajaman warna yang sama, yaitu 256 ribu warna.

Samsung Galaxy Mini 2
Samsung Galaxy Mini 2

Dari segi disain, menurut saya, Samsung Galaxy Mini 2 tampil lebih lebih ELEGAN, terutama kalau dilihat dari depan. Galaxy Mini 2 punya dua pilihan warna back cover, yaitu hitam dan kuning. Sedangkan Sony Xperia Tipo terlihat lebih manis dan imut. Istilah anak muda jaman sekarang “unyu-unyu”.  :D   Apalagi Sony Xperia Tipo hadir dgn 4 pilihan warna (hitam, putih, merah, biru), makin “unyu-unyu” deh..!  Cocok banget buat anak muda.

Nah, sekarang tinggal mau pilih yang mana, yang “elegan” atau yang “unyu-unyu”?  :-)

Kalau saya sih.. pilih Samsung Galaxy S3 atau Sony Xperia S. Sayang, belum mampu beli! :D *selera tinggi*


Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.