Arora – Browser Open Source Terbaru 2009

Arora adalah sebuah browser open source yang baru-baru ini diluncurkan. Secara default browser arora telah memiliki fitur terbaru yang menarik, termasuk fitur untuk pemblokiran iklan atau Ad Blocking. Fungsinya sama seperti plugin Ad Block Plus pada Mozilla Firefox. Untuk mengaktifkan fitur pemblokir iklan ini, silahkan masuk ke menu Tools > Ad Block dan kemudian centang kotak Enable AdBlock.

Browser Arora juga dilengkapi dengan fitur yang bernama ClictoFlash. Fungsinya untuk menonaktifkan embedded Flash. Kalau di Mozilla Firefox fungsinya sama dengan plugin Flasblock. Fitur ini berguna ketika ingin menjaga agar tetap dapat melakukan browsing dengan ringan dan cepat. Untuk mengaktifkannya, masuk ke menu Tools > Option > Privacy, lalu centang Use ClictoFlash pada Flash Plugin.

browser-aroraDengan adanya kedua fitur ini (Ad Block dan ClictoFlash), maka selain dapat browsing dengan ringan dan cepat, kita juga dapat menghemat bandwidth. Ini terutama bagi yang memiliki koneksi internet yang lemot dan berdasarkan kuota.

Keunggulan lain dari browser Arora adalah, ringan, starup yang sangat cepat. integrasi dengan lingkungan desktop, download manager, webinspector, dll. Untuk info selengkapnya silahkan ke sini.

Arora dibangun pada engine WebKit, mesin yang juga digunakan untuk membangun browser Safari dan Chrome. Browser Arora dapat berjalan pada linux, mac, windows, dan platform lain yang didukung Qt toolkit.
 


KOMENTAR