Ngeblog Itu Delicious! (Blogilicious)

Ngeblog bukan tren sesaat Kehadiran berbagai macam jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan koprol, yang menawarkan kemudahan berinteraksi secara instan, memang sedikit banyak memberi dampak pada penurunan peminat blog. Namun itu bukan berarti “Blog Will Die” seperti prediksi beberapa orang. Ngeblog bukan tren sesaat - blogs never die - karena blog tetap memiliki keunggulan/kelebihan yang tidak akan dimiliki oleh jejaring sosial. Salah satunya, blog bisa dimonetize dengan mudah. Dan ini yang membuat aktivitas ngeblog itu delicious (blogilicious). Justru, kehadiran jejaring sosial menambah delicious aktivitas ngeblog, karena bisa menjadi media penyebaran/promosi yang efektif untuk contents blog itu sendiri. :)

Banyak program monetize yang bisa diikuti dengan ngeblog. Contohnya, paid review atau pay per post, pay per click, affiliate, pay per action, dan lain sebagainya. Bisa juga dengan mengikuti kontes/kompetisi menulis di blog,  yang sering diadakan oleh berbagai  pihak, baik personal, organisasi, perusahan/brand, serta instansi-instansi pemerintah maupun swasta.  Hadiahnya bermacam-macam, ada yang uang tunai, ada yang berwujud barang, seperti: ponsel, notebook, tablet pc, kamera, dll. Ada juga yang berupa paket liburan atau wisata gratis, seperti yang pernah saya dapat (baca: Liburan Gratis ke Bali). Saya mengenal beberapa blogger yang sudah melanglang buana kemana-mana, bahkan keluar negeri, karena ngeblog.

Anda tentu mengenal Raditya Dika, bukhan? Asal tahu, awal karirnya di dunia tulis-menulis dan film, dimulai dari ngeblog. Buku pertamanya “Kambing Jantan” merupakan cerita-cerita kesehariannya yang ditulis di blog. Sampai akhirnya, buku tersebut difilmkan dengan judul yang sama, dan dibintangi langsung oleh Raditya Dika, sendiri. Ngeblog itu delicious, khan?! :)  Saat ini sudah banyak blogger yang telah membukukan tulisan-tulisan di blonya. Itu terjadi karena memang saat ini menerbitkan buku, tidak  sesulit atau seribet dulu. Sekarang sudah ada yang namanya self publishing atau menerbitkan buku sendiri. Mau tahu caranya? silahkan searching sendiri di mbah google. :D 

Blog board

Tujuan orang ngeblog memang beda-beda. Ada yang hanya sekedar mendokumentasikan perjalanan hidupnya, ada yang untuk berbagi pikiran dan ide-ide kreatif, ada yang karena ingin sharing keahlian, ada yang sekedar menyalurkan hoby menulis, ada juga yang karena ingin mencari duit. Apapun tujuan orang ngeblog, intinya adalah berbagi. Berbagi cerita, pengalaman, informasi, ilmu, dan lain sebagainya. Dan kalau kita serius dan kreatif mengelola blog, hasilnya pasti deliciouse.

Eits, ngomong2 soal blogilicious, saya punya informasi penting bagi Anda yang ingin menjadi blogger FUNKY, berSTYLE, dan DELICIOUS. Penasaran? Langsung saja menuju TKP ---> Jadwal Roadblog IDBlogNetwork - Blogilicious 2011

Bagi teman-teman blogger, yang sudah merasakan delicious-nya ngeblog, bagi pengalamannya donk..! Siapa tahu, teman-teman lain yang belum ngeblog, tertarik untuk ikutan ngeblog. Atau yang sudah punya blog tapi belum serius ngeblog, bisa serius ngeblog. :)

Ngeblog yuuk..!!!



KOMENTAR