Langsung ke konten utama

Jualan iPad Tanpa Manual Book Bahasa Indonesia, Bisa Dipenjara!

Gara-gara jual iPad pribadinya di forum jual beli Kaskus, Dian dan Randy harus merasakan dinginnya lantai penjara. Keduanya dituduh menjual iPad yang tidak resmi di Indonesia karena tidak memiliki manual book bahasa Indonesia. Walaupun kasus ini terjadi bulan november tahun lalu (2010), namun baru sekarang heboh diperbincangkan. Jadi.. ceritanya, Dian dan Randy jualan iPad di FJB Kaskus. iPad yang dijual tersebut, menurut keduanya merupakan milik pribadi yang mereka beli di Singapura. iPad itu mereka beli secara resmi, alias bukan barang selundupan.

Nah, menurut kabarnya lagi nih… Polisi yang awalnya sedang menyelidiki kasus penyelundupan barang-barang elektronik, melihat penawaran iPad dari Dian dan Randy, tersebut. Entah apa yang membuat polisi curiga, sehingga mereka melakukan penyelidikan dengan menyamar menjadi pembeli. Saat terjadi pertemuan untuk transaksi barang, polisi yang menyamar tersebut langsung menangkap Randy dan Dian, setelah terlebih dulu memastikan iPad yang mereka jual, tidak memilki manual book bahasa Indonesia dan Stiker Ditjen Postel.

Apple iPad Apple iPad

Keduanya diancam pidana penjara paling lama 5 tahun, dengan tuduhan melanggar Pasal 62 Ayat (1) juncto Pasal 8 Ayat (1) Huruf j UU/ 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen karena tidak memiliki manual book berbahasa Indonesia. Lalu, Pasal 52 juncto Pasal 32 Ayat (1) UU Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi, karena iPad belum memiliki sertifikasi sebagai alat elektronik komunikasi resmi.

Pertanyaan saya sebagai orang yang awam hukum, “Apakah dilarang menjual barang pribadi yang dibeli di luar negeri?” Kalau barang tersebut barang ilegal, saya masih maklumi. Tapi ini barang yang dibeli secara resmi, ada garansi resminya, alias bukan barang selundupan. Masak hanya karena menjual iPad milik pribadi yang tidak memilki manual book bahasa Indonesia, orang harus mendekam di penjara? Saya kira polisi sudah berlebihan. Wajar kalau ada yang beranggapan kasus ini kental dengan unsur pemerasan.

Kasus Dian dan Randy ini menurut saya bisa menjadi preseden buruk bagi dunia bisnis online di Indonesia. Orang-orang akan takut berjualan di Internet, karena takut terjerat kasus seperti yang dialami Dian dan Randy. Padahal dunia bisnis online di Indonesia sedang mengalami perkembangan yang cukup baik. Kalau kasus seperti ini banyak terjadi, pastinya akan menghambat kemajuan bisnis online dalam negeri. Apalagi saya dengar di sebuah dialog di televisi, yang membicarakan kasus ini, masih ada sekitar 11 kasus lainnya yang sedang ditangani polisi, terkait dengan iPad.

Apa pendapat Anda tentang kasus ini?

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.