Lebih Aman Berbelanja Online dgn Online Payment Processor

Tips aman belanja onlineMelihat pengguna internet di Indonesia yang terus bertambah secara signifikan dari tahun ke tahun, mendorong bisnis online ikut berkembang. Toko-toko online tumbuh bak jamur di musim hujan. Saya memprediksi, beberapa tahun lagi Online Shopping atau Belanja Online akan menjadi gaya hidup rakyat Indonesia. Namun ada satu masalah klasik yang sering menghambat pertumbuhan bisnis online, yaitu masalah keamanan. Terutama untuk keamanan pembayaran.

Pada postingan saya terdahulu tentang Tips Aman Belanja di Internet, salah satu tipsnya adalah menggunakan Online Payment Prosesor. Apa itu Online Payment Processor? Bagi yang sudah sering berbelanja via online pasti sudah tahu Paypal. Nah, Paypal adalah salah satu Online Payment Processor yang paling populer di dunia. Kalau di Indonesia, ada iPaymu. Forum online terbesar di Indonesia, yaitu Kaskus, juga punya online payment processor sendiri, namanya Kaspay.

Online Payment Processor adalah sebuah sistem pembayaran online yang akan mempermudah/memperlancar proses pembayaran transaksi jual beli via online. Kita bisa mengirim dan menerima pembayaran, layaknya pada sebuah rekening bank. Sistem kerjanya sangat simple! Kita cukup mendaftar dengan gratis di situs (saya ambil contoh) iPaymu.com kemudian mendeposit sejumlah dana/uang sesuai yg kita inginkan. Nah pada saat berbelanja di Internet, uang ini lah yang akan kita gunakan untuk membayar barang belanjaan tersebut. Cukup dengan login ke akun kita di iPaymu.com, kita sudah bisa langsung melakukan proses pembayaran. Kalau pake online banking, prosesnya akan lebih lama, dan resiko terkena jaring atau aktivitas carding/carder (pencurian kartu kredit) akan lebih besar.

Online Payment memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan Online Banking. Berikut daftar perbedaan yang paling mendasar dari keduanya. (sumber: iPaymu.com)

Online Payment Online Banking

Memiliki fasilitas online shop & check out yang terintegrasi di website online store oleh siapa saja.

Tidak memiliki fasilitas ini.

Semua orang bisa mendaftar menjadi user dan mengaksesnya, sepanjang mereka memiliki kartu kredit dari bank mana saja yang telah diotorisasi oleh penyelenggara online payment.

Hanya dapat diakses oleh nasabah bank tersebut saja.

User dapat melihat data-data transaksi online miliknya saja, tidak punya akses untuk melihat aktivitas rekening bank.

Dapat melihat aktivitas rekening bank.

Biaya pendaftaran gratis.

Ada sejumlah minimal deposit untuk buka rekening pertama kali.

Tidak banyak melakukan pemotongan biaya, mereka hanya mengenakan biaya pertransaksi (khusus untuk biaya tarik tunai) dengan prosentase yang sangat kecil.

Banyak biaya transaksi yang harus dikeluarkan oleh nasabah.

User (penjual) tidak perlu menyimpan data finansial transaksi user lain (pembeli) dan menghindarkan user dari penipuan dan tuntutan hukum.

Tidak bisa digunakan untuk transaksi dengan kartu kredit.

 

Ada satu fasilitas/fitur di iPaymu, yang menurut saya sangat bagus. Khususnya bagi Anda yang memiliki tingkat kepercayaan rendah terhadap suatu toko online, namun Anda sangat tertarik untuk membeli barang yang ada di toko online tersebut. Nama fiturnya ESCROW atau rekening bersama. Dengan menggunakan fitur ini, pihak iPaymu akan menjadi fasilitator/penengah antara pembeli dan penjual, dimana uang pembayaran kita baru akan diteruskan ke si penjual, jika barang yang kita beli sudah diterima. Kalau barang yang kita beli belum diterima, maka uang kita tidak akan kemana-mana, alias aman.

Kalau Anda ratu atau raja online shopping, Anda wajib memiliki Online Payment Processor, seperti iPaymu, Paypal, atau onlin payment apapun yang sudah kredibel. Karena selain mempermudah dan memperlancar proses transaksi jual beli via online, tingakat keamanannya juga sangat tinggi. Anda perlu Anda bikin dan jaga dengan baik adalah username dan password. Jangan sampai ketahuan orang lain!



KOMENTAR