Langsung ke konten utama

Lebih Aman Berbelanja Online dgn Online Payment Processor

Tips aman belanja onlineMelihat pengguna internet di Indonesia yang terus bertambah secara signifikan dari tahun ke tahun, mendorong bisnis online ikut berkembang. Toko-toko online tumbuh bak jamur di musim hujan. Saya memprediksi, beberapa tahun lagi Online Shopping atau Belanja Online akan menjadi gaya hidup rakyat Indonesia. Namun ada satu masalah klasik yang sering menghambat pertumbuhan bisnis online, yaitu masalah keamanan. Terutama untuk keamanan pembayaran.

Pada postingan saya terdahulu tentang Tips Aman Belanja di Internet, salah satu tipsnya adalah menggunakan Online Payment Prosesor. Apa itu Online Payment Processor? Bagi yang sudah sering berbelanja via online pasti sudah tahu Paypal. Nah, Paypal adalah salah satu Online Payment Processor yang paling populer di dunia. Kalau di Indonesia, ada iPaymu. Forum online terbesar di Indonesia, yaitu Kaskus, juga punya online payment processor sendiri, namanya Kaspay.

Online Payment Processor adalah sebuah sistem pembayaran online yang akan mempermudah/memperlancar proses pembayaran transaksi jual beli via online. Kita bisa mengirim dan menerima pembayaran, layaknya pada sebuah rekening bank. Sistem kerjanya sangat simple! Kita cukup mendaftar dengan gratis di situs (saya ambil contoh) iPaymu.com kemudian mendeposit sejumlah dana/uang sesuai yg kita inginkan. Nah pada saat berbelanja di Internet, uang ini lah yang akan kita gunakan untuk membayar barang belanjaan tersebut. Cukup dengan login ke akun kita di iPaymu.com, kita sudah bisa langsung melakukan proses pembayaran. Kalau pake online banking, prosesnya akan lebih lama, dan resiko terkena jaring atau aktivitas carding/carder (pencurian kartu kredit) akan lebih besar.

Online Payment memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan Online Banking. Berikut daftar perbedaan yang paling mendasar dari keduanya. (sumber: iPaymu.com)

Online Payment Online Banking

Memiliki fasilitas online shop & check out yang terintegrasi di website online store oleh siapa saja.

Tidak memiliki fasilitas ini.

Semua orang bisa mendaftar menjadi user dan mengaksesnya, sepanjang mereka memiliki kartu kredit dari bank mana saja yang telah diotorisasi oleh penyelenggara online payment.

Hanya dapat diakses oleh nasabah bank tersebut saja.

User dapat melihat data-data transaksi online miliknya saja, tidak punya akses untuk melihat aktivitas rekening bank.

Dapat melihat aktivitas rekening bank.

Biaya pendaftaran gratis.

Ada sejumlah minimal deposit untuk buka rekening pertama kali.

Tidak banyak melakukan pemotongan biaya, mereka hanya mengenakan biaya pertransaksi (khusus untuk biaya tarik tunai) dengan prosentase yang sangat kecil.

Banyak biaya transaksi yang harus dikeluarkan oleh nasabah.

User (penjual) tidak perlu menyimpan data finansial transaksi user lain (pembeli) dan menghindarkan user dari penipuan dan tuntutan hukum.

Tidak bisa digunakan untuk transaksi dengan kartu kredit.

 

Ada satu fasilitas/fitur di iPaymu, yang menurut saya sangat bagus. Khususnya bagi Anda yang memiliki tingkat kepercayaan rendah terhadap suatu toko online, namun Anda sangat tertarik untuk membeli barang yang ada di toko online tersebut. Nama fiturnya ESCROW atau rekening bersama. Dengan menggunakan fitur ini, pihak iPaymu akan menjadi fasilitator/penengah antara pembeli dan penjual, dimana uang pembayaran kita baru akan diteruskan ke si penjual, jika barang yang kita beli sudah diterima. Kalau barang yang kita beli belum diterima, maka uang kita tidak akan kemana-mana, alias aman.

Kalau Anda ratu atau raja online shopping, Anda wajib memiliki Online Payment Processor, seperti iPaymu, Paypal, atau onlin payment apapun yang sudah kredibel. Karena selain mempermudah dan memperlancar proses transaksi jual beli via online, tingakat keamanannya juga sangat tinggi. Anda perlu Anda bikin dan jaga dengan baik adalah username dan password. Jangan sampai ketahuan orang lain!

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.