Sierra Wireless AirCard 881U Modem USB Handal

Modem USB Sierra Wireless Aircard 881U Sudah dua tahun lebih, sierra Wireless AirCard 881U menemani-ku dalam suka dan duka *lebay modeon* mengarungi dunia maya. Modem USB yang ukurannya sebesar handphone ini merupakan modem handal. Dulu waktu saya beli, harganya kalau salah hampir 800 ribu rupiah. Seminggu yang lalu teman saya beli dengan harga 360 ribu rupiah. Untuk ukuran modem lawas, harga segitu termasuk masih mahal loh…! Modem-modem sekarang yang keluaran baru rata-rata harganya di bawah 300 ribu. Nggak percaya? silahkan cek sendiri di modemjogja.com. Sierra Wireles AirCard 881U memang terkenal sebagai modem legendaris yang handal.

Sierra Wireless AirCard 881U memiliki ukuran fisik yang lebih besar dari modem USB sekarang yang seukuran flashdisk. Ukuran fisik yang besar diakibatkan karena Sierra Wireless AirCard 881U menggunakan baterai Saya kurang tahu kenapa modem ini menggunakan baterai. Tapi saya pernah tanya seorang teman, dan dia bilang kalau itu untuk menjaga kestabilan komsumsi daya listrik pada modem sehingga koneksinya bisa tetap stabil.  Benar atau nggak-nya jawaban teman saya tersebut, belum bisa dipastikan karena saya belum dengar atau baca langsung dari sumber yang terpercaya. Tapi dari pengalaman saya selama menggunakan Sierra Wireless AirCard 881U, koneksi-nya memang bagus (stabil).

Kelebihan lain dari modem Sierra Wireless AirCard 881U adalah, tidak mudah atau tidak cepat panas. Saya pernah coba pake modem lain yang seukuran flashdisk itu (tanpa baterai), dan hasilnya modem tersebut cepat banget panas. Beda banget dengan Sierra Wireless AirCard 881U, walaupun sering saya pake online berjam-jam, bahkan bisa sampai seharian, tapi  tidak pernah kepanasan. Paling banter cuma hangat2 kukuh tai ayam. :D Ini benaran loh… kalau nggak percaya, coba aja sendiri. Sana, beli atau minjam teman yang punya. :))

Modem Sierra Wireless AirCard 881U juga support antena external. Jadi kalau di tempat tinggal kita sinyal ISP (internet service provider) yang didapat kurang bagus, kita bisa pake antena external, supaya daya tangkap lebih baik. Sekarang harga antena external, kalau gak salah sekitar 200ribu. Saya sih belum pernah pake antena external. kebetulan saya tinggal di daerah yang sudah tercover dengan baik oleh hampir semua ISP. Jadi tanpa antena external pun, modem sierra wireless aircard 881U saya, dapat menangkap sinyal dari ISP yang saya pake, dengan baik. :)

Modem Sierra Wireless AirCard 881U

Kelebihan lain Sierra Wireless AirCard 881U dari modem lain adalah, adanya fitur GPS (Global Positioning System). Pastinya sudah tahu khan.. apa fungsi GPS?!  Untuk menggunakan fitur GPS, tidak membutuhkan SIM Card, karena chip GPS sudah tertanam di dalam modem Sierra Wireless AirCard 881U.

Kekurangan Sierra Wireless AirCard 881U, selain ukurannya yang besar, juga tidak bisa untuk melakukan panggilan/call (nelpon). Kalau modem-modem sekarang khan bisa semua tuh…! Untungnya masih bisa untuk SMS. Kebetulan saya langganan internet unlimited dari operator yang sms-nya free ke semua operator. Jadi saya bisa sms gratis via komputer sambil berselancar di dunia maya. :)

Ini modem-ku, mana modem-mu?


KOMENTAR