Menambah Shoutbox pada Blog Friendster

Shoutbox merupakan salah satu asesoris yang paling umum ditampilkan di dalam Blog. Asesoris ini digunakan untuk memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk berkomentar secara bebas. Penyedia shoutbox gratis di internet, antara lain www.oggix.com, www.shutmix.com, dan www.myshoutbox.com.

Umumnya, proses untuk memperoleh asesoris tersebut cukup mudah. Sebagai contohnya, untuk memperoleh shoutbox dari oggix.com, Anda hanya perlu mengunjungi situs tersebut dan melakukan registrasi di sana. Setelah registrasi selesai, Anda akan diminta login dan memilih menu “Install ShoutBox”. Selanjutnya pilih “HTML Code” untuk memilih jenis dan tampilan shoutbox.

Setelah proses di atas selesai, Oggix.com akan menampilkan kode Javascript untuk menampilkan shoutbox yang telah Anda pilih. Blok kode tersebut dengan mouse dan salinlah dengan menggunakan Ctrl+C.
Untuk menambahkan asesoris di dalam Blog Friendster perlu jalan yang lumayan panjang. Setelah Anda login, pilihlah menu Blogs. Selanjutnya tekan tombol “My Blog Home” yang umumnya terletak di sebelah foto Anda. Pilih tabulasi TypeLists dan masukkan nama shoutbox pada kotak isian “List name” di kolom “Create a new TypeLists”.
Kemudian tekan tombol Add pada kotak URL dan isilah kotak isian “Name”. Lakukan paste atau gunakan Ctrl+V agar kode Javascript yang diperoleh dari oggix.com dapat masuk ke kotak isian “One-Line Bio”. Jangan lupa untuk menyimpannya dengan menekan tombol “Save and Update”.

Agar shoutbox dapat tampil di dalam Blog, Anda harus mengaktifkannya telebih dahulu melalui tabulasi Blogs. Selanjutnya pilih link “Edit Design” dan klik menu Content. Aktifkan daftar “Your TypeLists” dengan menggunakan klik mouse. Selanjutnya simpan dengan menekan tombol “Save Changes”. Ketika Anda melihat ulang Blog Friendster, shoutbox sudah muncul bagian bawah tampilan.

UPDATE

Layanan blog friendster sudah tidak ada lagi seiring dengan bangkrut-nya friendster, karena tergusur oleh  facebook. Sekarang friendster sudah banting setir menjadi situs jejaring social gaming. Friendster sudah jadi sejarah, sekarang jamannya facebook, twitter, google plus, dll.

Goodbye friendster... :-)



KOMENTAR