Menambahkan Asesoris Pada Blog

Keinginan untuk mempercantik Blog sebetulnya merupakan naluri alami dari pemiliknya. Selain karena unsur citra diri, juga karena keinginan untuk mendatangkan sebanyak-banyaknya pengunjung ke situs blog-nya. Semakin tinggi frekuensi pengunjung yang datang, itu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemilik Blog.

Namun tidak semua orang paham dengan kode-kode HTML yang merupakan bahasa penyusun tampilan sebuah Blog. Dan tidak semua Blog memperbolehkan pemiliknya untuk memodifikasi isi tampilan Blog. Hanya beberapa penyedia Blog yang menyediakan fasilitas untuk menambah asesoris ke dalam Blog secara bebas, antara lain Blogger.com dan Blog Friendster.com

Berbeda dengan Blogger.com yang menyediakan menu untuk mengubah tampilan, Blog Friendster tidak menyediakan secara khusus fasilitas tersebut. Namun terdapat jalan alternatif untuk menambahkan asesoris di dalam Friendster melalui fasilitas TypeLists yang akan dibahas pada akhir artikel ini.

Kemudahan Blogger.com

Pada versi yang baru, Blogger.com bahkan menambahkan fasilitas untuk merubah tampilan dengan menggunakan alat bantu yang tidak memerlukan kemampuan pemahaman kode-kode HTML secara mendalam. Dengan alat bantu tersebut, pemilik Blog dapat dengan mudah menambahkan kode-kode HTML/Javascript yang dihasilkan oleh situs-situs penyedia asesoris Blog.

Dengan begitu, Anda hanya perlu meng-copy kode HTML/Javascript dari situs tersebut dan mem-paste kode tersebut pada kotak input yang telah disediakan oleh Blogger.com. Asalkan cukup rajin dalam mencari asesoris yang dibutuhkan oleh Blog, siapapun dapat menambahkan elemen-elemen yang menarik ke dalam Blognya.

Sedangkan tata letak dari setiap asesoris di dalam Blog dapat diatur dengan fasilitas drag-and-drop seperti yang sering Anda temukan pada aplikasi-aplikasi berbasis desktop. Pemilik Blog cukup memilih kotak elemen yang akan dipindah dengan mouse dan menggesernya ke posisi yang baru. Jika diperlukan, Anda dapat menambahkan sub judul pada setiap elemen tersebut.

Menambah Shoutbox

Shoutbox merupakan salah satu asesoris yang paling umum ditampilkan di dalam Blog. Asesoris ini digunakan untuk memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk berkomentar secara bebas. Penyedia shoutbox gratis di internet, antara lain www.oggix.com, www.shutmix.com, dan www.myshoutbox.com.

Umumnya, proses untuk memperoleh asesoris tersebut cukup mudah. Sebagai contohnya, untuk memperoleh shoutbox dari oggix.com, Anda hanya perlu mengunjungi situs tersebut dan melakukan registrasi di sana. Setelah registrasi selesai, Anda akan diminta login dan memilih menu “Install ShoutBox”. Selanjutnya pilih “HTML Code” untuk memilih jenis dan tampilan shoutbox.

Setelah proses di atas selesai, Oggix.com akan menampilkan kode Javascript untuk menampilkan shoutbox yang telah Anda pilih. Blok kode tersebut dengan mouse dan salinlah dengan menggunakan Ctrl+C. Jika Anda pemilik Blogger.com, masukkan kode Javascript melalui tabulasi Template dan pilih link “Page Elements”. Selanjutnya klik “Add a Page Element” yang ada di dalam layar desain template.

Kemudian Anda dapat memilih link “Add to Blog” pada kelompok HTML/Javascript di jendela “Choose a New Page Element”. Pemilihan tersebut akan memunculkan tampilan baru yang akan Anda gunakan untuk melekatkan kode-kode Javascript yang Anda peroleh sebelumnya dengan menggunakan Ctrl+V.

Jika tidak diperlukan, kotak isian “Title” dapat dikosongkan agar sub judul dari elemen tersebut tidak ditampilkan. Tekan tombol “Save Changes” untuk menyimpannya. Ketika kembali ke halaman tata letak, jangan lupa untuk menekan tombol Save. Dengan begitu, ketika Anda melihat ulang tampilan Blog, shoutbox sudah muncul di salah satu sudut halaman.

Beberapa asesoris lainnya yang dapat Anda tambahkan untuk mempercantik Blog antara lain web counter, video, kalender, jam, cuaca, berita dari situs lain, dan masih banyak lagi. Beberapa diantaranya dapat Anda temukan di clocklink.com, rightstats.com, amazingcounters.com, weatheronline.co.uk, dan wunderground.com. Dengan cara yang hampir sama dengan sebelumnya, Anda dapat menambahkan asesoris-asesoris tersebut ke dalam Blog.




KOMENTAR