Blogger Indonesia Peduli Pemanasan Global

Dalam postingan sebelumnya yang berjudul "Green Music Foundation - Insan Music Peduli Lingkungan" saya sempat menanyakan tentang sudahkah Blogger Indonesia peduli terhadap lingkungan?.

Lalu bagaimana dengan para bloggers? sudahkah ikut berpartisipasi dalam upaya menjaga dan menyuarakan pentingnya menjaga lingkungan/bumi dari bahaya dampak pemanasan global?.

Ternyata pertanyaan saya itu sedikit terjawab, setelah kemarin jalan-jalan di dunia blogosphere (dunia blogging) atau istilahnya blogwalking, saya menemukan tulisan seorang blogger senior (Deddy Andaka) dengan judul "Blogger Indonesia Peduli Global Warming".

Postingan tersebut pada intinya mengajak para blogger Indonesia untuk ikut peduli terhadap lingkungan dengan turut serta mengcegah dan mengkampanyekan tentang pemanasan global (global warming). Dan ternyata seruan/ajakan tersebut mendapat banyak tanggapan positif dari para blogger Indonesia. Dalam postingan tersebut juga terdapat link-link ke blog teman-teman blogger lainnya yang menulis tentang hal yag sama (global warming dan lingkungan).

Menurut mas Deddy Andaka, selain kebutuhan akan listrik, dunia blogger juga dekat dengan penggunaan kertas dan tinta yang dalam proses produksinya menghasilkan gas emisi (diantaranya karbon dioksida) dimana pemanasan global besar dipengaruhi oleh adanya emisi gas, dan 40% dari emisi karbon dihasilkan dari sektor ketenagalistrikan.

diagram hubungan Blogger dengan Global Warming

Diagram Hubungan Blogger dengan Global Warming (sumber: andaka.com)

Melalui diagram diatas mas Deddy Andaka mencoba menggambarkan/menampilkan hubungan antara blogger dengan pemanasan global (global warming). Menurutnya selain dengan melakukan tindakan-tindakan umum untuk mencegah pemanasan global, seorang blogger sebenarnya bisa memfokuskan diri pada dua hal menyangkut penghematan energi listrik dan barang-barang hasil produksi yang menghasilkan gas emisi.

Sebagai sebuah komuitas yang cukup besar dan terkenal kristis, blogger memang sudah selayaknya ikut berperan aktif dalam mencegah dan kampanye stop global warming. Kalau Insan musik berkampanye dengan lagu dan musik mereka, maka kita sebagai blogger berkampanye dengan blog dan tulisan. Jika insan music punya organisasi yang bernama "Green Music Foundation" maka saya berharap suatu saat nanti para blogger juga memiliki suatu organisasi yang konsen pada lingkungan.

Jadilah sahabat bumi maka bumi juga akan bersahabat dengan kita. Stop Global Warming untuk masa depan anak dan cucu kita.



KOMENTAR