Radio Bertenaga Matahari

Dengan maraknya isu pemanasan global (global warming) dan krisis energy yang melanda dunia saat ini, membuat orang mulai berpikir untuk mendayagunakan beragam sumber energi alternatif yang lebih bersahabat dengan bumi/lingkungan.

Hampir semua barang elektronik membutuhkan tenaga listrik untuk menghidupkannya, tidak terkecuali radio. Tapi sekarang ada radio unik bertenaga matahari, yang diberi nama "The Solar-Energy FM Radio". Gadget keren ini tak lagi memerlukan listrik sebagai sebagai sumber tenaga-nya, tapi sepenuhnya sudah menggunakan panel solar (matahari).


"The Solar-Energy FM Radio" Radio bertenaga solar (matahari)
Radio bertenaga matahari

Gadget cantik ini dilengkapi dengan engkol atau tuas pemutar yang bisa jadi alternatif tenaga penyokong lainnya. Satu menit putaran tuas sama dengan 20 menit radio ini beroperasi, dan katanya akan lebih lama 10 menit jika dijemur di bawah sinar matahari langsung selama 5 jam.

Sebenarnya sumber tenaga solar ini bukan hal yang baru, dan bukan pula yang pertama kali di terapkan pada barang elektronik. Karena setahu saya kalkulator (alat penghitung elektronik) sudah lebih dulu menggunakan teknologi ini.

Mudah-mudahan nantinya akan semakin banyak lagi barang2 elektronik yang menggunakan tenaga solar sebagai sumber tenaganya, seperti handphone, ipod, laptop/notebook, dan lain-lain. Kita semua berharap akan lebih banyak lagi ditemukan sumber-sumber energi alternatif (energy) baru yang lebih bersahabat dengan bumi (ramah lngkungan).

Update:

Simak juga teknologi gadget ramah lingkungan lainnya, seperti: Ponsel bertenaga matahari, Netbook bertenaga matahari, dan MP3 Player bertenaga panas tubuh manusia.



KOMENTAR