Windows 8 Lebih Ringan dari Windows 7

Windows 8 yang recananya akan diluncurkan tahun 2012 kabarnya lebih ringan dari Windows 7. Jadi yang sudah menggunakan Windows 7, tidak perlu lagi mengupgrade hardware komputernya untuk bisa menggunakan Windows 8. Benar atau tidaknya, kita belum bisa membuktikannya langsung, karena memang baru akan diluncurkan tahun depan (2012). Namun kemungkinan besar ini bukan hanya kabar burung, karena seperti kita tahu, Windows 7 yang notabene generasi baru setelah Windows Vista, juga lebih ringan dari Windows Vista.

Kabarnya, Windows 8 dirancang sebagai sistem operasi tunggal yang bisa berjalan di berbagai macam platform dengan ukuran layar bervariasi, baik yang mendukung layar sentuh maupun bukan. Windows 8 juga akan menjadi senjata baru Microsoft untuk bersaing dengan Android dan iPad (iOS) di pasar Tablet PC. Dari screenshot interface Windows 8 yang sudah beredar, terlihat jelas kalau tampilannya mirip dengan Windows Phone 7.

Tampilan Windows 8

Disamping memiliki system requirement yang hampir sama bahkan lebih rendah dari Windows 7, Windows 8 juga diklaim tidak akan kesulitan menjalankan aplikasi yang sudah berjalan mulus di Windows 7. Artinya aplikasi yang sudah compatible dengan Windows 7, juga akan compatible dengan Windows 8.

Kita tunggu saja, bagaimana debut Windows 8 di tahun 2012. Terutama untuk pasar Tablet PC dan Smartphone, mampukah menyaingi dominasi iOS dan Android? Bagaimana menurut Anda?

UPDATE (18/9/2011)

Microsoft secara resmi telah melaunching Windows 8 dalam konferensi BUILD di California (13/9/2011). Namun ini baru versi developer preview atau perkenalan untuk para pengembang. Tapi kalau Anda juga mau mencobanya, Anda bisa download secara gratis di situs resminya microsoft.



KOMENTAR