Langsung ke konten utama

Bebas Komunikasi itu Bebas Memilih dan Murah

Bebas Komunikasi Seharian
Komunikasi via handphone sudah
Jadi bagian hidup manusia modern
yg tak terpisahkan
Di era kehidupan digital sekarang ini, komunikasi via gadget seperti handphone sudah menjadi aktivitas sehari-hari. Handphone sudah menjadi alat komunikasi yang wajib dimiliki semua orang. Pada  awalnya bentuk komunikasi yang bisa dilakukan melalui handphone hanya suara dan text (SMS). Kemudian seiring dengan perkembangan teknologi, bentuk komunikasi yang bisa dilakukan via handphone tambah beragam, seperti: MMS, video, dan internet.

Nah, dengan semakin variatif-nya bentuk komukasi yang bisa dilakukan melalui handphone, tentu berdampak pula pada meningkatnya biaya komunikasi yang harus dikeluarkan. Saya sendiri yang tidak terlalu sering berkomunikasi via handphone, setiap bulan harus mengeluarkan dana tidak kurang dari 150 ribu rupiah untuk bisa menikmati semua jenis komukasi tersebut (nelpon, SMS, internet).

Saya pernah berkunjung ke rumah seorang teman dan mendapati banyak kartu seluler (SIM card) dari operator yang berbeda di atas meja belajarnya. Karena penasaran, saya lalu tanya, “Kamu jualan SIM Card ya bro..??”, “nggak.. emank kenapa?” jawab dia. “Kalau nggak buat dijual, terus buat apa SIM  Card sebanyak ini, bro?”, dengan santai dia menjawab “Itu strategi berhemat pulsa bro..”. “Haaa… strategi berhemat pulsa???” sahut saya dengan penuh penasaran. Kemudian dia mulai menjelaskan maksud dari strategi menghemat pulsa, itu.

Ternyata dia memanfaatkan perang tarif dan paket-paket promo dari setiap operator seluler. Contohnya ketika dia ingin menelpon keluarganya di kampung, dia akan menggunakan operator yang sama dengan yang digunakan keluarganya. Begitu juga kalau mau nelpon pacar dan teman-temannya. Karena nelpon atau sms ke sesama operator jauh lebih murah daripada nelpon ke nomor dari operator yang berbeda.  Dan kalau mau internetan, dia akan pakai kartu yang paling murah dan sinyalnya paling bagus di tempat dia tinggal. Bahkan untuk memuluskan strateginya itu, dia menggunakan HP dual SIM Card.

Wah, apa nggak repot bro.. gonta-ganti kartu? HP lu juga bisa cepat rusak, khan?” tanya saya lagi setelah dia selesai menjelaskan dengan panjang lebar strategi menghemat pulsa yang dia lakukan dengan cara mengkoleksi banyak kartu. “Yaa.. mau gimana lagi, ini jalan satu-satunya biar bisa hemat pulsa. Kita khan masih mahasiswa bro..” jawab dia.

Saya yakin cara menghemat pulsa yang dilakukan teman saya  ini, juga dilakukan oleh banyak orang. Saya sendiri tidak pernah menggunakan cara ini, karena paling malas gonta-ganti kartu. Ribet!

Saya sering mendengar slogan para operator seluler dalam setiap promo-nya, mengatakan “bebas nelpon seharian, bebas nelpon dan SMS sepuasnya, bebas internetan sepuasnya”, tapi dalam kenyataannya kebebasan itu tidak didapatkan konsumen. Karena dibalik slogan "bebas" itu ada setumpuk syarat-syarat yg harus dipenuhi.

Menurut saya, bebas komunikasi seharian itu adalah bebas memilih dan murah. Bebas memilih di sini maksudnya bebas melakukan jenis komunikasi apa saja (Suara, SMS, Internet) dengan sekali bayar tanpa harus gonta-ganti kartu seperti yang dilakukan oleh teman saya. Jadi, cukup dengan satu kartu (operator) dan satu kali bayar, kita sudah bisa menikmati semua jenis komunikasi yang ada saat ini, seperti nelpon, sms, dan internet.

Dan yang terakhir, bebas komunikasi itu harus murah! murah tidak hanya ke sesama operator, tapi juga ke operator lain. Kenapa harus murah? Karena kalau mahal, sama saja bohong! Gimana mau bebas berkomunikasi kalau masih takut dengan tagihan telpon yang membengkak. Iya, nggak? Selain itu, kartu tersebut harus memiliki jangkauan jaringan yang luas dan stabil untuk menjamin kelancaran berkomunikasi.

Nah, pertanyaannya sekarang, sudah adakah kartu yang mengakomodir (setidaknya mendekati) pengertian bebas komunikasi seharian, seperti yang saya sebutkan di atas?

Karena penasaran, saya coba mencari tahu dengan berkunjung ke situs-situs resmi operator seluler yang ada di Indonesia. Dan hasilnya, kartu yang saya cari, (yang sesuai dengan pengertian bebas komunikasi seharian versi saya), ternyata sudah ada. Nama kartu tersebut adalah Indosat Mobile. Dari namannya sudah ketahuan kartu ini milik siapa. Yup, tentu saja milik indosat!

Kartu Indosat Mobile
Kartu Indosat Mobile

Indosat Mobile memiliki slogan “Sekali Bayar, Dapat Semuanya”. Sesuai dengan pengertian bahwa “bebas komunikasi itu bebas memilih dan murah”, Indosat Mobile memiliki beragam pilihan paket komunikasi murah yang bebas dipilih dari satu kartu dengan sekali bayar. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Contohnya, paket lengkap bulanan 24 jam, hanya dengan uang seratus ribu rupiah, selama satu bulan penuh, pengguna bisa menikmati 1000 menit nelpon ke sesama indosat, 100 menit ke operator lain, 1000 sms ke semua operator, kuota 100 MB untuk internet-an. Sangat praktis dan murah, khan? Ada juga paket lengkap harian, paket jam kerja, paket telpon malam, dll. Sayang, untuk kuota internet sebesar 100MB, itu sangat tidak cukup buat saya yang seorang onliner addict. 

Oke deh, keliatannya tulisan saya sudah kepanjangan, daripada nanti saya salah ngasih informasi atau dituduh dibayar indosat untuk beriklan, mendingan kalau tertarik lanjutin bacanya di situs resminya Indosatmobile.com aja yaa..  :-)

Saya sendiri belum pake indosat mobile loh..! Saya masih setia dengan si merah (simPATI), soalnya hampir semua keluarga saya pake kartu telkomsel (simpati dan AS). Mungkin kalau nanti saya punya dua handphone, atau punya hp dual simcard, baru saya akan pake kartu indosat sebagai kartu kedua. Sementara untuk urusan koneksi data (internet), saat ini saya langganan internet XL unlimited, karena nilai FUP nya 128 Kbps, sementara yang lainnya hanya 64Kbps (termasuk indosat). Jadi, walaupun kuota speed sudah habis, untuk browsing (buka halaman situs) masih tetap lancar.

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.