Langsung ke konten utama

Kartu Paling Bagus dan Murah Untuk Internetan

Kartu paling bagus dan murah untuk internetan, apa ya?” pertanyaan itu sering banget saya terima, baik dari teman, tetangga, bahkan dari keluarga sendiri. Kadang bingung juga jawabnya, masalahnya saya sendiri baru nyobain layanan internet dari tiga operator. Sedangkan operator penyedia layanan internet broadband khan banyak banget tuh… ada yang GSM dan CDMA. Jadi kalau ada yang tanya, “kartu apa yang paling bagus dan murah untuk internetan” saya sering jawab dengan gaya becanda, “emank ada internet murah tapi bagus? harga sesuai kualitas, bung!”. :D

Oke, kalau Anda masuk ke artikel ini karena memiliki pertanyaan yang sama dengan teman, tetangga dan keluarga saya di atas, maka silahkan simak baik-baik jawaban saya berikut ini.

Setiap operator tidak selalu bagus atau tidak selalu jelek dalam setiap area coverage-nya. 

Maksudnya? 

Contohnya begini, di tempat tinggal saya, operator A sinyalnya bagus (kencang dan stabil) tetapi di tempat lain (misalnya di kampung tetangga) sinyalnya kurang baik, atau malah jelek banget. Padahal tempatnya sama-sama sudah tercover oleh layanan internet operator tersebut. Kenapa bisa seperti itu? Ada beberapa faktor, pertama jarak BTS (base transmission station) dari lokasi tempat tinggal kita. Semakin jauh jarak kita dari lokasi BTS, maka semakin lemah pula sinyal yang akan diterima, sehingga biasanya koneksi menjadi tidak stabil.

Kedua, jumlah pengguna dalam satu cover area BTS. Semakin banyak penggunanya maka semakin lelet/lemot juga koneksinya. Ilustrasinya-nya sebuah jalan raya, semakin banyak kendaraan yang melintas dalam waktu yang sama, maka laju kendaraan akan semakin lambat, bahkan kalau udah terlalu padat, bisa terjadi macet.

internetan-murah Monyet juga butuh koneksi internet bagus dan murah

Nah, jadi… kalau mau mengetahui kartu atau provider internet apa yang paling bagus di tempat tinggal Anda, tidak ada cara lain yang lebih baik selain mencobanya langsung.

Tips-nya, pilih paket yang murah dulu, misalnya paket harian atau mingguan, kalau hasilnya memuaskan baru silahkan Anda lanjutkan ke paket unlimited/sebulan. Tapi kalau hasilnya jelek, silahkan masukin tong sampah, dan coba kartu/operator lain. Begitu seterusnya, sampai Anda mendapatkan kartu yang paling bagus untuk internetan di tempat tinggal Anda.

Bagaimana kalau semua kartu sudah saya coba, dan hasilnya semua jelek? Yaa.. bararti itu sudah nasib Anda, siapa suruh tinggal di desa. :))

Bagaimana dengan harga?

Maksudnya koneksi bagus tapi murah? Yang lebih mahal banyaak..!! Loh.. koq malah iklan obat nyamuk. :D Pengen barang bagus tapi murah, Indonesia bangeeett….!!  :)) Tapi itu manusiawi koq.. saya juga mau! kalau perlu gratis. :D  Mau yang gratisan? nih.. baca facebookan gratis via handphone dgn aplikasi khusus, internetan gratis berjam-jam via ponsel. Bagi yang hobi nonton, nih… ada juga nonton film gratis di bioskop. :)

Oke lah, saya akan coba jawab pertanyaan di atas. Biasanya operator mematok harga berdasarkan kuota bandwidth dan speed download/upload. Luas jangkauan wilayah (coverage area) sang operator, saya perhatikan juga berpengaruh dalam penentuan harga.

Supaya nanti nggak disangka iklan, saya tidak akan ngasih tahu kartu atau operator apa yang internetan-nya paling murah. Kecuali sang operator mau bayar, baru saya akan sebutkan disini. :D Karena itu, Anda buka aja sendiri situs-situs operator tersebut, untuk membandingkan harganya. :) Cuma kalau saya, saya akan lebih mengutamakan kualitas koneksi daripada harga. Untuk apa harga murah kalau koneksi putus nyambung putus nyambung, iya khan?

Sebelum memutuskan untuk berlangganan sebuah paket internet, sebaiknya kenali terlebih dahulu kebutuhan intenet Anda. Kalau Anda termasuk orang setiap harinya butuh koneksi internet, maka berlangganan lah paket internet unlimited per bulan. Tapi kalau cuma butuh online sekali-kali aja (pas butuh) sebaiknya pilih paket internet harian atau paket internet volume base.

Dengan mengetahui kebutuhan internet Anda, maka Anda bisa memilih paket internet yang sesuai, sehingga lebih efektif dan efisien. Kalau cuma browsing web, berjejaring sosial, langganan paket unlimited kuato 2GB/bulan, dengan biaya langganan rata2 100 ribu, saya rasa sudah cukup.

Tapi kalau Anda hobi download file video dari youtube atau dari tempat lain di internet, maka paket 2GB/bulan sangat tidak cukup buat Anda. Anda butuh berlangganan paket internet yang lebih dari kuota bandwidth 2GB. Kalau perlu sekalian yang benar-benar unlimited tanpa batasan kuota bandwidth.

Punya pendapat atau tips lain lain tentang kartu yang bagus dan murah untuk internetan?

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.