Laptop Samsung Tipis Berprosesor AMD

Beberapa bulan yang lalu saya pernah menulis tentang laptop tipis buatan samsung yang menggunakan chip prosesor intel, Samsung Series 9. Untuk kali ini, saya akan membahas laptop samsung tipis lainnya yang menggunakan chip prosesor AMD. Ada yang belum tahu AMD? Advanced Micro Devices (AMD) adalah perusahaan pembuat mikroprosesor yang menjadi rival utama intel. Selama ini AMD dan Intel bersaing ketat dalam membuat otak komputer (prosesor).

Sepengetahuan saya, produk komputer berbasis AMD banyak digunakan oleh para gamers, karena memiliki keunggulan di bagian grafis. Cuma (katanya) prosesor AMD lebih cepat panas.

Saat ini pasar laptop tipis sedang dikuasai intel. Hampir semua laptop tipis buatan merek laptop terkenal seperti acer, toshiba, hp, asus dan samsung menggunakan chip prosesor buatan intel. Laptop tipis berprosesor intel ini disebut ultrabook. Ultrabook juga disebut-sebut sebagai generasi baru dari laptop/notebook, karena lebih tipis, lebih ringan, lebih bertenaga (spesifikasi hardware tinggi), dan lebih hemat baterai (hemat energi). Sayang, harganya masih mahal! di atas 10 juta.

Sebagai saingan intel, AMD juga tidak mau kalah dan membuat saingan ULTRABOOK yang diberi nama ULTRATHIN. Nah, baru-baru ini samsung meluncurkan laptop tipis yang menggunakan mikroprosesor buatan AMD. Laptop samsung tipis berprosesor AMD ini diberi nama Samsung Series 5 535U3C.

Samsung Series 5 535U3C - Laptop Samsung Tipis Berprosesor AMD (ULTRATHIN)

Ultrathin Samsung Series 5 535U3C memliki ketebalan 17,6 mm dan berat 1,52 kg. Menggunakan prosesor dual-core AMD A6 4455M (2.1 GHz) yang dilengkapi grafis  terintegrasi Radeon HD 7500, RAM DDR3 sebesar 4 GB, dan hard disk berkapasitas 500 GB. Layarnya  sebesar 13,3 inci mengusung teknologi "SuperBright Anti-Reflective" yang memungkinkan pengguna dapat melihat layar dengan nyaman di bawah sinar matahari sekalipun. Sedangkan untuk baterai, laptop samsung tipis berprosesor AMD ini menggunakan baterai 4-cell yang diklaim samsung mampu bertahan hingga 6 jam.

Harga Samsung Series 5 535U3C

Biasanya yang pertama dilihat oleh kebanyakan calon pembeli laptop adalah HARGA. Selama ini AMD selalu membanderol produk-produknya dengan harga di bawah harga produk-produk intel. Nah, ultrathin buatan samsung ini (Samsung Series 5 535U3C) dibanderol dengan harga yang menurut saya sangat murah, di bawah 10 juta. Tepatnya 6,8 juta. Murah banget, khan? Bahkan lebih murah dari laptop tipis Axioo, Zetta MMT.

Kabarnya, di bulan september 2012 nanti, Samsung akan merilis model series 5 535U4C yang memiliki spesifikasi hardware lebih tinggi. Katanya sih ukuran layarnya lebih besar dan menggunakan prosesor Quad-Core AMD A8. kalau harganya belum tahu. Yang pasti lebih mahal.  Tapi yang pasti lebih murah dari ultrabook-nya intel. :-)

Gimana, pilih ULTRABOOK atau ULTRATHIN?



KOMENTAR