Serunya Kopdar Blogger Nusantara di Sidoarjo

Selama 3 hari, lebih dari seribu blogger yang datang dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di Sidoarjo dalam acara kopdar blogger nusantara. Ini adalah event blogger terbesar yang pernah saya ikuti, setelah Roadblog Blogilicious 2011. Banyak sekali kejadian-kejadian seru mewarnai kopdar perdana blogger nusantara, ini. Salah satu yang paling berkesan buat saya adalah, tidur bersama layaknya pengungsi di sebuah GOR (Gelanggang Olah Raga) yang tidak jauh dari lokasi kopdar, Sun City Convention Hall Sidoarjo. :D Sama seperti saya, ternyata banyak yang mengira (terutama yang dari luar Sidoarjo) kalau peserta kopdar akan menginap di hotel. :))  Menginap di GOR, mengingatkan saya dengan pengungsi letusan gunung merapi di stadion Maguharjo Sleman, Yogyakarta, tahun lalu.

Kopdar-blogger-nusantara
Wah, siapa nih yg foto saya pas lagi tidur? Untung ilernya gak keliatan. :D

Walaupun awalnya sempat kecewa melihat kondisi tempat kami akan menginap yang mirip barak pengungsian, namun itu tidak mengurangi semangat kami untuk tetap mengikuti kopdar blogger nusantara. Bahkan dengan kami menginap dalam dalam sebuah ruangan besar (tanpa penyekat) malah membuat interaksi antara sesama blogger justru lebih akrab. Banyak juga yang mengangap itu sebagai bentuk latihan, jika suatu saat ada hal-hal yang tidak dinginkan (seperti bencana alam) memaksa kita harus menginap di pengungsian. Apalagi negara kita khan termasuk negara yang rawan bencana alam, seperti: banjir, gempa bumi, gunung meletus, dll. Cuma yang sedikit membuat saya kurang nyaman adalah udara di Sidoarjo yang panas. Maklum... saya berasal dari daerah pegunungan yang udaranya dingin. :)


Kejadian seru dan menarik lainnya yang terjadi di kopdar blogger nusantara 2011 adalah, berubahnya yeyel blogger nusantara yang semula harusnya “luar biasa” berubah menjadi “Ndeso”. Begitu juga dengan yeyel XL yang merupakan salah satu sponsor utama kopdar blogger nusantara 2011, Sidoarjo. Yeyel XL yang seharusnya “Selangkah lebih maju” juga berubah menjadi “Ndeso”. Jadi setiap MC berteriak “blogger nusantaraaaa…” atau “XL….”, dengan kompak para blogger menjawab “ndesooo...”. Itu semua tak lepas dari iklan internet XL yang menggunakan Tukul Arwana sebagai bintang iklan-nya, Tahu sendiri khan.. mas Tukul Arwana itu sangat lekat dengan image “ndeso”. :-) 

Kopdar-blogger-nusantara-2011
Saya dan bang Hanes berlagak sebagai nara sumber.  :D

Dari semua komunitas blogger dari luar Sidoarjo (jatim) yang hadir di kopada blogger nusantara, kayaknya komunitas blogger jogja, yang paling banyak mengirim anggotanya. Kalau gak salah, ada sekitar 40 orang. Dan salah satunya menjadi blogger termuda (umur 13 tahun) yang hadir di kopdar blogger nusantara. Sedangkan blogger tertua (63 tahun) datang dari kalimantan selatan, beliau kami panggil abah Arshad. Walaupun umurnya sudah tua, namun semangat beliau ngeblog sangat tinggi, malah lebih tinggi dari kami-kami yg masih muda. Salah satu buktinya, beliau memiliki 60 blog. Wuiih…  hebat khan? saya satu blog aja udah repot, apalagi sampai 60 blog. :-)

blogger-tertua-di-kopdar-blogger-nusantara
Add captionFoto bersama komunitas blogger jogja dgn blogger tertua di kopdar blogger nusantara
Di kopdar blogger nusantara, saya bisa bertatap muka langsung dengan blogger-blogger yang selama ini hanya bertegur sapa di dunia online. Saya juga banyak mendapat kenalan baru dan bertemu dengan kawan lama, Rusa Bawean. Tahun lalu (2010) saya dan rusabawean jalan-jalan gratis ke bali berkat menang sebuah kontes review.

Rusabawean dan Feri Yunus Madao di kopdar blogger nusantara 2011
Rusa Bawean (kiri) dan Feri Yunus Madao (kanan)

Di hari ketiga (hari terakhir), bloggger nusantara dikukuhkan (diresmikan) sebagai sebuah pagunyuban bagi seluruh komunitas blogger di Indonesia. Pengukuhan itu ditandai dengan pembacaan deklarasi blogger nusantara, yang diikuti oleh seluruh blogger yang hadir di situ. Rencananya, kopdar blogger nusantara seperti ini, akan menjadi event tahunan.

Semoga tahun depan (2012), Jogjakarta terpilih menjadi tuan rumah kopdar blogger nusantara, berikutnya.



KOMENTAR