Tanpa Koneksi Internet, Smartphone Tidak Smart!

Tanpa Koneksi Internet, Smartphone Tidak Smart! kenapa saya bilang begitu? Karena menurut saya, Internet lah yang membuat smartphone itu pintar. Tanpa koneksi internet, smartphone saya rasa tidak ada bedanya dengan hape-hape biasa yang hanya bisa buat telpon dan sms. Paling-paling menang di multimedia dan games aja.

Smartphone atau ponsel pintar bisa dibilang adalah sebuah komputer mini, karena kemampuannya sudah hampir sama dengan komputer. Yang membedakan hanya ukuran dan spesifikasinya saja.  Di smartphone kita sudah bisa melakukan banyak hal yang selama ini hanya bisa dilakukan di komputer. Contohnya, membuat atau mengedit dokumen, memutar lagu dan video dengan berbagai macam format, mengedit foto, menjalankan berbagai macam aplikasi termasuk game, dll. Perbedaan signifikan dengan komputer (PC) hanya pada ukuran (terutama ukuran layar) sehingga untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu lebih nyaman dan memuaskan bila dikerjakan pada komputer, karena layar dan spesifikasinya yang lebih besar.

Sekarang banyak orang yang punya smartphone, tapi tidak semua orang yang punya smartphone tersebut berlangganan layanan data atau koneksi internet. Seperti yang sudah saya bilang di awal, smartphone tanpa koneksi internet, tidak lah smart. Gimana mau smart, kalau akses ke sumber informasi (internet) tidak ada. Contohnya kita ingin mengetahui informasi tentang kartu paling bagus dan murah untuk internetan atau tips memilih smartphone agar tepat guna, kita bisa dapatkan informasinya melalui smartphone, jika terkoneksi dengan internet.

Atau misalnya kita ingin pergi suatu tempat (alamat), tapi tidak tahu jalan menuju ke sana, maka kita bisa minta bantuan smartphone (dengan aplikasi google maps) untuk menunjukkan jalan-nya. Dan yang tak kalah penting adalah aktivitas bersosialisasi melalui jejaring sosial seperti facebook, dan twitter tidak akan bisa dilakukan tanpa koneksi internet.

Jadi saran saya, kalau Anda mau beli smartphone, sebaiknya Anda sudah siap dengan biaya koneksi internet-nya. Jangan seperti teman saya, beli Samsung Galaxy Y, tapi cuma buat telpon dan sms-an doank. :D  Mubasir banget khan, beli hape mahal-mahal, tapi kemampuannya tidak dioptimalkan. Kalau memang cuma butuh untuk telpon dan sms, kenapa nggak beli HP murah aja?  :-)

Apa pendapat, Anda?


KOMENTAR