Tips Memilih Ponsel Pintar (Smartphone) Agar Tepat Guna!

Saat ini pasar ponsel pintar (smartphone) sudah begitu padat dengan berbagai macam varian smartphone dari berbagai vendor atau brand. Mereka berlomba-lomba menarik konsumen dengan mewarkan berbagai macam fitur unggulan yang telah diseuaikan dengan segmen pasar-nya masing-masing. Contohnya samsung, untuk segmen pasar anak muda, mereka punya Samsung Galaxy Y dan Galaxy Mini, untuk kelas menengah ada Galaxy Ace dan Galaxy W, sedangkan untuk segmen kelas atas ada Samsung Galaxy S, Galaxy Nexus, dan Galaxy Note. Itu baru smartphone samsung, belum dari vendor yang lain. Karena itu banyak orang yang bingung memilih ketika ingin membeli smartphone.

Smartphone itu bukan barang murah, jadi ketika ingin membeli sebuah smartphone, pilihannnya benar-benar harus tepat, agar penggunaan atau pemanfaatannya maksimal. Mungkin ada yang bertanya, “Bagaimana cara atau tips memilih ponsel pintar (smartphone) agar tepat guna?”. Oke, saya akan coba jawab. Untuk menentukan pilihan pada suatu barang yang akan saya beli (termasuk smartphone), saya selalu berpatokan pada kebutuhan dan budget (dana) yang saya miliki.

Tips Memilih Ponsel Pintar (Smartphone)

Contohnya, saya suka banget dengan dunia online (saya suka browsing, saya suka ngeblog, saya suka sosial media) maka ketika hendak membeli sebuah ponsel pintar (smartphone) saya akan memilih smartphone yang memiliki dukungan/fitur konekstivitas internet yang bagus dan lengkap (support jaringan 3G, HSDPA, dan Wi-Fi), memiliki kecepatan prosesor yang cukup tinggi, dan layar yang lebar/luas. Dan yang paling penting, harga smartphone tersebut sesuai dengan kemampuan budget/dana yang saya miliki.

Semua orang tentu punya kebutuhan yang berbeda-beda. Yang suka main game pilihlah smartphone yang dirancang khusus buat gamers, seperti Sony Ericsson Experia Play. Yang suka musik pililah smartphone yang fitur-fiturnya memang dimaksimalkan untuk musik, seperti Sony Ericsson W8. Yang suka narsis dengan foto-foto, pilihlah smartphone yang resolusi kamera-nya tinggi, seperti Nokia N8 atau Huawei Honor. Dan bagi pebisnis, pililah smartphone yang mendukung banyak aplikasi bisnis, seperti Nokia E7.

Bagi yang tidak bermasalah dengan budget, pastinya akan lebih mudah dalam memilih smartphone yang diinginkan, tinggal pilih terus langsung beli. Tapi bagi yang punya sedikit (apalagi banyak) masalah dengan budget atau dana, tentu sedikit  lebih sulit dalam memilih, karena harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Tapi santai aja, sekarang harga smartphone makin murah koq, jadi saya rasa tidak akan terlalu sulit untuk menemukan smartphone yang cocok dengan kebutuhan dan budget Anda.

Oke, itulah tips memilih ponsel pintar (smartphone) dari saya. Semoga bermanfaat. Kalau ada yang mau nambahin, silahkan tulis dikolom komentar yaa… :-)



KOMENTAR