Internet Gratis dan Murah, Bentuk Kontribusi XL Memajukan Negeri

Setiap elemen negera, memilki tanggung jawab untuk ikut berkontribusi dalam memajukan negeri-nya. Dan saya melihat, tanggung jawab tersebut dipahami betul oleh XL Axiata, salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar dalam negeri, yang tidak pernah berhenti berinovasi meningkatkan kualitas dan kuantitas jaringan serta perannya dalam usaha ikut memajukan negeri. Dimana XL selalu hadir memberikan dukungan terbaiknya dalam setiap kegiatan yang bertujuan memajukan negeri. Dan itu dilakukan XL, hampir di semua bidang (pendidikan, olah raga, kesehatan, sosial budaya, dll).

Salah-satu bentuk/wujud tanggung jawab sosial XL Memajukan Negeri adalah dengan memberikan akses internet gratis bagi pelajar dan mahasiswa melalui program yang diberi nama XL Edusolution, dan internet murah bagi masyarakat umum melalui berbagai paket internet XL yang ditawarkan. Kemarin saya lihat di situs XL, ada program baru bernama XL HotRod 3G+ FREEDAY, dimana kita bisa internetan gratis dengan jatah kuota 25 MB pada hari tertentu sesuai hari yang kita tentukan pada saat registrasi. Saya sih belum coba, karena saya sudah langgganan paket internet bulanan XL.  :-) 

Sebagai seorang blogger, saya merasakan sendiri betapa besar dukungan XL pada setiap kegiatan-kegiatan blogger. Mulai dari event blogger berskala besar seperti Kopdar Blogger Nusantara (didukung juga oleh Google dan IDBlogNetwork) yang dihadiri ribuan blogger dari seluruh daerah di tanah air, sampai event kecil seperti DICIPOK yang diadakan oleh Komunitas Blogger Jogja (KBJ) dan hanya dihadiri beberapa orang blogger saja, XL selalu hadir memberikan dukungan. Kebetulan, saya sendiri hadir di kedua event tersebut.

Digital Cipta Kreatif Lokal (DICIPOK)

Kopdar Blogger Nusantara 2011 - Sidoarjo


Kenapa Saya Pilih XL?

Saya mulai menggunakan internet XL, awal bulan April 2012. Sebelumnya saya berlangganan paket internet  bulanan dari operator lain, namun karena kebutuhan kuota badwith saya terus naik, sedangkan untuk berlangganan internet yang benar-benar unlimited (tanpa batasan kuota), saya belum mampu. :D Karena itu saya mulai mencari-cari operator yang menawarkan paket internet murah dan tetap lancar digunakan browsing, walau kuota FUP nya udah, habis. Dan akhirnya pilihan saya jatuh pada paket Internet Broandband XL.

Waktu itu saya beli kartu perdana XL Super Ampuh yang di dalam sudah termasuk paket internet Free Unlimited 3GB selama 3 bulan. Kartunya saya beli di sebuah ruko penjual pulsa di depan kampus Atma Jaya Yogyakarta, dengan harga 70 ribu rupiah. Saat menulis postingan ini, pemakaian sudah masuk bulan kedua. Jadi waktu saya untuk menikmati internetan gratis dari XL masih cukup lama, sebelum saya harus  rutin membayar 99 ribu rupiah setiap bulan untuk kuota FUP 1GB.  :-) 

Kartu Perdana Internet XL

Paket Internet Broadband XL



Kenapa Internet XL, murah?

Paket Internet Broadband XL yang kartu perdananya saya beli dengan harga 70 ribu rupiah, dan dapat free unlimited 3GB selama tiga bulan (dibagi 1GB tiap bulan) dengan speed hingga 384 Mbps. Jika kuota FUP (Fair Usage Policy) 1GB dalam satu bulan itu sudah habis, maka kecepatan (speed) akses akan diturunkan. Setelah tiga bulan, maka akan berlaku harga 99 ribu/bulan. Nah, mungkin Anda akan bertanya, “dimana murahnya? Murah di awal doank, karena dapat free 3 bulan


Ya, kalau melihat dari harga, speed dan nilai FUP yang diberikan, kemudian di-compare dengan paket internet bulanan dari operator lain, memang ada yang lebih murah.  Tapi banyak yang belum tahu kalau ternyata kecepatan akses internet XL setelah kuota FUP habis, 128 Kbps. Sedangkan operator lainnya yang pernah saya pake, hanya 64 Kbps. Hal ini membuat aktivitas browsing menggunakan internet XL, tetap lancar, walaupun kuota FUP nya sudah habis. Dan itu sudah saya buktikan sendiri. Kecuali untuk download file, baru terasa penurunan speed-nya. Tapi buat saya yang nggak banyak melakukan aktivitas download, tidak terlalu masalah dgn penurunan kecepatan download tersebut. Buat saya yang penting bisa browsing dengan lancar. 

Screenshot di bawah ini menunjukkan speed download internet XL saat saya men-download file software PhotoScape versi terbaru. Speed-nya lumayan kencang, khan? padahal waktu itu kuota FUP saya sudah habis. Dari pengalaman saya menggunakan paket internet berkecepatan akses 64 Kbps (saat kuota FUP sudah habis), tidak akan dapat speed seperti itu. Buat browsing aja lemot-nya minta ampun, apalagi buat download. :D 

Kecepatan download internet XL saat habis kuota


Seperti yang sudah saya bilang di atas, sebelum menggunakan Internet XL, saya sudah mencoba berlangganan paket internet bulanan dari beberapa operator lain yang hanya memberi kecepatan akses 64 Kbps, setelah kuota FUP habis. Dari pengalaman saya, kecepatan akses 64 Kbps sering bikin kesal, karena untuk membuka satu halaman situs aja, lamanya minta ampun. Padahal buat saya yang tiap hari online, kuota 1 GB, tidak lebih dari seminggu sudah habis. Tak jarang saya harus membeli kuota tambahan untuk menaikkan kecepatan akses. Jadi, kalau saya dihitung-hitung, biaya berlangganan internet saya dalam sebulan hampir mencapai 200 ribu.

Atau kalau lagi nggak punya duit buat beli kuota, terpaksa saya pake trik mematikan (mendisable) javascrip dan image/gambar pada browsher yang saya gunakan, biar loading web-nya lebih ringan dan cepat. Konsekuensinya, tampilan web jadi tidak menarik, karena yang tampil hanya tulisan (teks). :D Namun sejak berlangganan Internet XL, trik itu berlaku lagi dan saya tidak pernah lagi beli kuota tambahan, karena dengan speed 128 Kbps setelah kuota FUP habis, aktivitas browsing tetap lancar jaya. Inilah yang menurut saya membuat Internet XL, murah.

Sebenarrnya ada satu lagi operator yang juga memberikan kecepatan akses 128 Kbps setelah kuota FUP nya habis. Malah sebelum menggunakan internet XL, terlebih dahulu saya mencoba paket internet bulanan operator tersebut. Namun hasilnya sangat mengecewakan, karena di tempat tinggal saya, jaringan operator tersebut hanya bisa dapat GPRS/EDGE. Salah saya juga sih.. kenapa nggak nyari tahu dulu. :D  Tapi ini bisa menjadi indikator kalau jaringan XL memang bagus dan jangkauan-nya luas.

Sebagai informasi, saat ini XL telah memiliki lebih dari 30000 BTS yang tersebar dari sabang sampai merauke. Dan mulai tahun ini (2012) kabarnya XL akan lebih fokus jualan data, jadi menurut prediksi saya, ke depan jaringan internet XL akan semakin baik dan mudah-mudahan semakin murah. Amin!  :-) 

UPDATE (17 Mei 2012)

Sekarang kecepatan internet XL setalah FUP sudah bukan 128kbps lagi, tapi sudah turun menjadi 64kbps. Sayang banget, kenapa XL mengambil kebijakan untuk menurunkan speed internet-nya. Padahal kalau menurut saya, itu bisa menjadi nilai jual bagi internet XL untuk menarik pelanggan baru. Saya aja pake internet XL, karena itu. 

Gambar screenshot di bawah ini adalah hasil tes kecepatan internet XL yang saya ambil hari ini (Kamis, 17 Mei 2012) setelah kuota FUP 1GB saya, habis.

Kecepatan Internet XL setelah FUP


Untungnya untuk aktivitas browsing, saya merasakan masih cukup lancar. Walaupun memang penurunan speed tersebut tetap terasa. Tapi kalau saya bandingkan dengan paket internet dari operator lain yang speed-nya 64kbps setelah FUP, kecepatan internet XL masih lebih baik. Mungkin ini disebabkan karena akses jaringan internet XL yang lebih stabil. Saya nggak tahu kalau di lokasi lain, karena biasanya beda lokasi beda kualitas jaringan yang didapat. Faktor penyebabnya, banyak. (baca: Kartu paling bagus dan murah untuk internetan).



KOMENTAR